Polisi Pastikan Kebakaran Kapal Papua Indah Berasal dari Ruang Mesin

80

Polisi Pastikan Kebakaran Kapal Papua Indah Berasal dari Ruang Mesi

Paiton (wartabromo.com) – Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polres Probolinggo mencari tahu penyebab kebakaran Kapal Motor (KM) Lautan Papua Indah di Perairan Kecamatan Paiton. Meski belum bisa dipastikan penyebabnya, namun diketahui jika api berasal dari ruang mesin.

Kasatpolairud Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno mengatakan, sampat saat ini penyebab kebakaran masih tak diketahui.

“Kalau untuk api pertama kalinya memang dari ruang mesin, lalu ada ledakan,” ungkap Slamet.

Sementara itu, petugas mengaku kesusahan saat memadamkan api. Sebab, cuaca di laut cukup ekstrem.

“Api memang sempat kami padamkan, tapi karena faktor cuaca seperti angin kencang membuat percikan api baru sampai muncul api lagi,” lanjutnya.

Baca Juga :   Tabrak Supra di Jalan Raya Wangkal, Pengendara Ninja Tewas

Akibatnya butuh waktu cukup lama dan melibatkan beberapa kapal agar api bisa dipadamkan.

“Api sudah padam, kurang lebih sekitar 4 jam baru bisa dipadamkan. Karena memang cuaca ekstrim, petugas saja yang pakai kapal lain kesulitan, karena selain angin juga ombak air laut tidak bersahabat,” kata Slamet.

Diketahui, KM Lautan Papua Indah terbakar di perairan utara Pulau Jawa, Selasa (12/7/2022) sekitar pukul 16.30 WIB. Kapal tersebut hendak berlayar ke wilayah Penangkapan Ikan L, Aru L, Arafura L, Bagian Timur.

Kapal milik PT. Wogikel Papua Jaya itu yang terbakar di perairan Paiton itu membawa 25 penumpang. Sebanyak 19 orang di antaranya merupakan Anak Buah Kapal (ABK) dan 6 orang lainnya merupakan ABK titipan dan seluruhnya dipastikan selamat. (cho/may)