Kapal Papua Indah Terbakar di Perairan Paiton 

352

Paiton (WartaBromo.com) – Sebuah Kapal Motor (KM) Lautan Papua Indah terbakar di perairan utara Pulau Jawa, Selasa (12/7/2022) sekitar pukul 16.30 WIB. Hingga saat ini, proses evakuasi dan pemadaman api masih berlangsung.

Informasi yang diperoleh wartabromo.com, kapal milik PT. Wogikel Papua Jaya yang terbakar di perairan Paiton itu membawa 25 penumpang. Sebanyak 19 di antaranya merupakan Anak Buah Kapal (ABK) dan 6 orang lainnya merupakan ABK titipan. Seluruh penumpang dipastikan selamat.

ABK Kapal, Firdaus mengatakan, dirinya tidak mengetahui secara pasti penyebab munculnya api yang membakar kapal.

“Tujuannya ke Maluku untuk merantau. Kalau penyebab kebakarannya saya tidak tahu. Hanya saja pas sadar kalau kapal terbakar saya langsung lompat ke laut,” kata pria asal Kota Probolinggo saat ditemui di Pos TNI Angkatan Laut, TPI Kecamatan Paiton.

Baca Juga :   Putra KH Hasyim Muzadi Meninggal Laka di Tol, hingga Tragedi Berdarah di Pilkades Kunir Kidul | Koran Online 19 Des

Sementara itu, Kasatpolairud Polres Probolinggo, AKP Slamet mengatakan, kapal tersebut berangkat dari perairan Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo pada Selasa (12/7/2022) sekira pukul 12.00 WIB.  Kapal sedianya berlayar ke wilayah Penangkapan Ikan L, Aru L, Arafura L, Bagian Timur.

“Untuk saat ini proses pemadaman terus dilakukan oleh kapal tugboat yang sedang berlabuh di wilayah terminal khusus Paiton. Untuk perkembangan lainnya akan segara kami kabari jika proses evakuasi sudah dilakukan,” ungkap Slamet.

Saat ini proses evakuasi dan pemadaman kapal masih berlangsung. “Sedangkan evakuasi para ABK dan juga ikut membantu memadamkan api itu dibantu 4 kapal dan saat ini para ABK sudah berhasil dievakuasi dan berada di Pos TNI di TPI Kecamatan Paiton,” imbuh Slamet sekaligus mengakhiri wawancara. (cho/may)