Tips Agar Anak Patuh Saat Dinasehati Orang Tua

115

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai orang tua tentu merasa penat jika anak-anak sulit dinasehati. Berbagai upaya dilakukan, mulai menasehati dengan cara sendiri hingga belajar ilmu parenting dari berbagai sumber.

Sayangnya, tak banyak orang tua yang berhasil membuat anak-anak patuh terhadap nasihat. Lantas, apa sih yang membuat anak-anak sulit mendengarkan dan menghiraukan saat diberi tahu orang tua?

Dilansir dari haibunda.com, Neal Rojas, profesor pediatri di University of California di San Francisco menjelaskan, ketidak patuhan anak disebabkan karena suatu kondisi.

salah satunya yakni, orang tua cenderung hanya “ngomong saja” alias tidak memberikan contoh yang benar. Sehingga, anak akan bertindak semaunya karena merasa tidak diperhatikan.

Baca Juga :   Ini Alasan Bayi Menggigit Puting Saat Menyusu

“Misalnya, Bunda dan Ayah terus menyuruh anak mengerjakan PR sedangkan Bunda sibuk menelepon teman kantor dan ayah sibuk menonton TV. Ini terkait masalah perhatian,” jelas Neil.

Mengetahui penjelasan di atas, lantas apa yang harus dilakukan orang tua agar anak bisa menurut saat diberi tahu? Berikut tips yang bisa dicoba:

  • Bersikap penuh perhatian.
  • Buat aturan penggunaan gadget.
  • Terapkan kosekuensi bila anak melanggar peringatan.
  • Dapatkan perhatian anak saat memberi nasihat.

Semua tips yang sudah disebutkan sekilas memang terlihat mudah diterapkan. Namun, butuh kesabaran dan ketelatenan khusus dalam melakukannya agar anak terbiasa dan menjadi patuh. (trj)