Embun Es Selimuti Dataran Ranupani, Suhu Mendekati 0 Derajat Celcius  

207

Senduro (WartaBromo.com) – Suhu dingin mendekati 0 derajat celcius terjadi di kawasan Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Akibatnya, kawasan ini dilanda fenomena frozen atau embun upas.

Fenomena ini sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Tanaman di sekitar Ranupani pun diselimuti es.

“Frozen ini terjadi setiap satu tahun sekali, antara bulan Juli sampai September, dan suhu bisa 0 derajat Celcius dan suasana di Ranupani sangat dingin,” terang Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati saat dikonfirmasi Selasa (26/7).

Meski demikan, embun upas selalu mencuri perhatian sejumlah wisatawan. Banyak wisatawan yang sengaja menunggu fenomena tersebut dengan bermalam di sekitar Ranupani dan Ranu Regulo.

“Suasana di sana lebih indah, cukup menarik banyak wisatawan utamanya banyak dari luar daerah yang datang. Bahkan saya kemarin di sekitaran Ranu Regulo banyak yang menikmati suasana dengan mendirikan tenda. i=Ini sebuah daya tarik wisata yang menambah keeksotikan Lumajang,” imbuhnya.

Baca Juga :   Selamat! Dua Atlet Sepeda Lumajang Sabet Emas dan Perak di SEA Games

Masyarakat yang akan melihat atau menikmati keindahan fenomena Frozen di Ranupani dan sekitarnya, bisa datang sebelum matahari terbit tepatnya jam 05.00 WIB. Selain di Ranupani, fenomena ini juga dirasakan di kawasan Bromo Tengger Semeru. Lautan pasirpun terlihat diselimuti es. (rul/may)