Ini Makanan Lain yang Mengandung Vitamin B12, Cocok Untuk Vegetarian

108

Pasuruan (WartaBromo.com) – Siapa bilang para vegetarian tidak bisa mendapatkan asupan vitamin B12 dengan maksimal? Ternyata ada banyak sumber makanan non hewani yang kaya akan vitamin B12.

Dilansir dari hellosehat.com, peneliti menemukan sebanyak 92% orang vegan menghindari semua produk hewani. Padahal, dalam produk hewani tersebut mengandung banyak vitamin B12.

Tak heran bila kebanyakan vegetarian kekurangan vitamin B12 dan kerap mengidap berbagai masalah kesehatan. Lantas, makanan apa yang bisa menggantikan produk hewani demi memenuhi kebutuhan vitamin B12?

  • Kedelai. Semua produk kedelai yang difermentasi seperti tahu, miso, oncom, dan tempe. Paling simpel, kedelai bisa diolah menjadi susu, ya Bolo.
  • Shiitake (jamur kering). Olah jamur ini menjadi berbagai sajian masakan. Bolo bisa mengolahnya menjadi hidangan ala-ala Jepang.
  • Rumput laut. Misalnya, rumput laut jenis nori yang mengandung sumber vitamin B12 cukup tinggi. Rumput laut kering nori mengandung hingga 51,7 μg vitamin B12 per 100 gram.
  • Keju. Beberapa makanan seperti keju cheddar, margarin nabati, ekstrak ragi, dan kaldu sayuran mengandung tambahan vitamin B12.

Selain makanan di atas, Vegetarian Nutrition Dietetic Practice Group menyarankan, vegetarian dan vegan mengonsumsi suplemen vitamin B12 dengan kadar 250 μg per hari. Takaran tersebut sudah cukup untuk memenuhi asupan vitamin B12 harian. (trj)