Peringati Tahun Baru Islam dan HUT RI, PLN UP3 Pasuruan Gelar Khitanan Masal

116

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ada banyak cara dari lembaga atau institusi untuk merayakan Tahun Baru Islam dan HUT Kemerdekaan RI. Ada yang gelar lomba, ada pawai ada juga yang berbagi kebahagiaan.

Nah, PLN UP3 Pasuruan punya cara tersendiri. Tahun Baru Islam 1444 H yang berdekatan dengan HUT RI ke-77 ini dirayakan berbarengan. PLN UP3 Pasuruan berbagi kebahagiaan dengan puluhan anak kurang mampu yang ingin dikhitan.

Sebanyak 50 anak dari beberapa wilayah di Pasuruan dikhitan masal di aula PLN UP3 Pasuruan pada Selasa (16/08/2022). Menariknya, khitanan masal ini didanai Yayasan Baitul Maal (YTM) atau zakat dari pegawai PLN UP3 Pasuruan.  

Proses khitanan masal yang diadakan PLN UP3 Pasuruan.

Ketua Yayasan Baitul Maal PLN UP3 Pasuruan, Aditthia Pratama Putra mengakui hal itu. Menurutnya, kegiatan YBM kali ini diambil dari sisi kesehatan. “Alhamdulillah acara khitanan masal berjalan dengan lancar dan sukses. Kami sangat berterima kasih atas kolaborasi yang terjalin dengan Klinik Al-Maunah Pasuruan,” ujar Aditthia kemarin.

Baca Juga :   FIFGROUP Cabang Pasuruan 2 Salurkan Paket Sembako Selama Pandemi

Dalam kegiatan tersebut, PLN UP3 Pasuruan memang mengajak petugas medis dari Yayasan Al-Maunah Kota Pasuruan. Untuk menyiapkan diri untuk dikhitan, para anak berusaha menguatkan mental. Sang orang tua berusaha membujuk agar sang anak tidak takut atau grogi saat dikhitan.

Acara khitanan masal diawali dengan tausiyah dari Habib Hadi Alaydrus. Kemudian dilanjutkan dengan acara puncak yakni khitanan masal. Usai dikhitan, wajah-wajah ceria tampak menyembul dari sang anak. Senyum mereka juga lebih merekah. “Senang ada kegiatan seperti ini. Anak saya bisa dikhitan gratis,” ujar salah satu orang tua anak.

Anak-nak peserta khitanan masal sumringah usai dapat bingkisan.

Manager UP3 Pasuruan, M. Abdul Basyid N.F. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran para anak yang siap dikhitan. Dan juga kepada para petugas medis yang berkolaborasi dengan UP3 PLN Pasuruan. Sehingga kegiatan khitanan masal bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga :   Gelar Safari Ramadan, PLN UP3 Pasuruan Berbagi Kebahagiaan dengan Duafa, Santri dan Guru Ngaji

“Ya, dengan dana zakat pegawai melalui YBM, kita bisa membantu adik-adik kita menyelesaikan kewajiban khitan. Hal ini juga menjaga kebersihan dari najis, ketika menjalankan ibadah,” tegas Basyid. (day/*)