Kartar di Probolinggo Rayakan Kemerdekaan dengan Melatih Warga Jika Banjir

91

Probolinggo (wartabromo.com) – Sebanyak 13 karang taruna (karta) yang tergabung dalam Heppiii Community Probolinggo menggelar kegiatan serentak bertema Merdeka Heppiii dalam rangka merayakan HUT kemerdekaan Indonesia. Beragam keseruan kegiatan dilakukan karta, dari parade pakaian bahan bekas, main catur, gobak sodor sampai ada pelatihan penanggulangan bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo.

Acara Merdeka Heppiii ini digelar sejak pertengahan Agustus hingga awal bulan September 2022.

Ketua Heppiii Community Kelurahan Kedunggaleng Kecamatan Wonoasih, Probolinggo, Taufiq mengatakan banyak keseruan acara digelar seperti misalnya lomba gobak sodor yang pesertanya adalah emak-emak. Selain menambah kerukunan dan keseruan, lomba itu juga mempertahankan permainan tradisional.

“Kemudian di acara puncak kami mengundang BPBD Kota Probolinggo untuk memberikan pelatihan ke warga jika terjadi banjir. Karena daerah kami rawan banjir, kami berterima kasih karena BPBD mendatangkan 15 personelnya, termasuk Kalaksa (kepala pelaksana), pak camat juga hadir. Acara juga kami isi dengan penampilan musik angklung oleh warga kami,” terang Taufiq pada Minggu (4/9).

Baca Juga :   Ratusan Regu Ramaikan Lomba Gerak Jalan Tingkat SD di Kabupaten Lumajang 

Dengan pelatihan ini warga jadi tahu apa yang harus dilakukan ketika ada banjir bandang, sehingga pengetahuan ini bisa meminimalisir korban jiwa di desa yang dekat dengan aliran sungai ini. Sementara itu keseruan yang sama juga berlangsung di Karta Heppii Community Kalibuntu Probolinggo. Berbagai macam lomba seperti catur, tarik tambang dan sejumlah keseruan lainnya disajikan.

“Kami mengundang warga untuk mengikuti keseruan ini, ada berbagai lomba yang hadiahnya peralatan rumah tangga, acara diakhiri musik sebagai hiburan rakyat,” jelas Koordinator Karta Heppii Community Kalibuntu Probolinggo, Bogel Kusuma.

Koordinator acara Merdeka Heppiii Probolinggo Andi Susanto didampingi panitia acara Dwi Haryantoro mengatakan ada 13 karta yang menggelar berbagai kegiatan unik yang diikuti ratusan warga di setiap desa. Karta yang ikut ini adalah Karta di desa Laweyan, Brumbungan Lor, Kali Buntu, Sukapura, Kedungsari, Pohsangit Leres, kemudian Pohsangit Kidul, Sepuh Gembok, Kedunggaleng, Sapikerep, Pilang, Kedung Dalem, dan Kademangan Probolinggo.

Baca Juga :   Meriahkan HUT RI ke-77, Puluhan Nelayan di Lekok Lomba Balap Perahu

“Banyak keseruan yang diakukan karta Heppiii Community Prbolinggo selama bulan Agustus ini, di Kedunggaleng misalnya ada lomba permainan tradisional
gobak sodor, kemudian di Sepuh Gembol ada pelepasan merpati, Brumbungan Lor ada bazar UMKM dan live music,” jelasnya.

“Kami dari Heppiii Community selalu mensupport kegiatan teman-teman karta yang selama ini banyak membangun kebersamaan dan menggali potensi desa. Banyak potensi, baik itu alam maupun potensi kesenian yang dimiliki Probolinggo. Semoga kegiatan Merdeka Heppiii ini memberikan manfaat untuk warga di masing-masing desa,” ungkapnya.

Sementara itu khusus di Kelurahan Pilang digelar pawai budaya yang menampilkan ragam kesenian dan kekayaan alam sekitar desa. Dalam pawai ini banyak perwakilan yang menampilkan pakaian karnaval dengan memanfaatkan bahan yang ada.

Baca Juga :   Sedih, Ternyata Ini Makna Tersembunyi dari Lomba Balap Karung Saat Agustusan

Ketua Pokdarwis Heppiii Community Kelurahan Pilang, Mahmud Z mengatakan terinspirasi dari program KITA Berbagi sebelumya yang menggnakan bahan ramah lingkungan, dalam pawai budaya di desanya ada sejumlah perwakilan yang menggunakan pakaian dari bahan bekas, seperti karung, kemudian bekas plastik.

“Jadi kami pakai dari bahan plastik-plastik yang sudah tidak terpakai, kemudian kami jahit, lalu dibentuk menjadi baju dan ditambahin asesoris sedikit. Daripada menyewa baju yang cukup mahal kami buat sendiri,” ungkapnya. (yog/yog)