Duh! Kebakaran Puncak B29 Ternyata Disebabkan ODGJ

257
Duh! Kebakaran Puncak B29 Ternyata Disebabkan ODGJ

Senduro (WartaBromo.com) – Hutan puncak B29 kebakaran sejak Minggu (18/9/2022) lalu. Polisi kemudian mencari penyebab kebakaran kawasan wisata ini.

Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka menyebut kebakaran hutan yang terjadi di kawasan B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, pada Minggu (18/9) lalu disebabkan ulah Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang menghangatkan diri. Ia membuat perapian di sekitar titik yang rawan kebakaran.

“Setelah ditelusuri oleh masyarakat rekan-rekan TNBTS, Polsek dan Koramil ternyata diketemukan ODGJ orang dengan gangguan jiwa mungkin karena kedinginan yang bersangkutan membuat perapian,” ujarnya usai meninjau lokasi titik kebakaran, Senin (19/9).

Yang bersangkutan, dikatakan Kapolres Lumajang kemungkinan tidak mengetahui bahwa di lokasi tersebut merupakan lahan yang mudah terbakar. Karena banyak tanaman yang kering.

Baca Juga :   Ada Kebakaran, Hampir Sejam Taman Dayu Gelap Gulita

“Mungkin karena tidak tahu daerah sini kering dan berangin kemudian api membesar sehingga terjadi kebakaran seperti ini, beruntung sementara tidak ada korban,” imbuhnya.

Saat ini, yang bersangkutan telah diamankan di Polsek Senduro untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara Kepala Seksi Wilayah IV TNBTS, Wisnu Utoro menyebut bahwa lokasi terjadi kebakaran merupakan titik yang rawan kebakaran apalagi saat musim kemarau.

“Di wilayah sini memang sudah biasa terjadi kebakaran namun kebakaran terahir di tahun 2019 akan tetapi baru tahun ini terjadi kebakaran lagi itu terjadi karena ada orang dengan gangguan jiwa tersebut,” ungkapnya. (rul/may)