Kapal Nelayan Gili Karam Dihantam Ombak

300

Mayangan (WartaBromo.com) – Cuaca buruk yang melanda perairan utara Probolinggo membuat kapal nelayan Pulau Gili karam. Kapal sarat muatan itu karam, usai dihantam ombak saat menuju Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan di Kota Probolinggo.

Informasi yang dihimpun, kapal tersebut milik Ahmad, warga Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Saat kejadian, kapal tersebut membawa hasil tangkapan nelayan Pulau Gili.

Sedikitnya 60 keranjang besar penuh ikan, tenggelam di lautan. Bersamaan dengan itu, badan kapal yang tak mampu menahan hempasan gelombang juga amblas. Untungnya, para ABK berhasil menyelamatkan diri.

“Selain karena cuaca saat ini sedang ekstrim, angin kencang, ditambah lagi dengan muatannya yang kelebihan. Sehingga saat diterjang ombak, air laut langsung masuk ke buritan kapal,” kata Kasatpolair Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno, Selasa (20/09/2022).

Baca Juga :   Mahasiswa Pendaki Gunung Penanggungan Meninggal

Slamet melanjutkan, nakhioda sejatinya sudah punya firasat tidak enak saat hendak tolak. Sehingga memutuskan kembali ke pulau. Namun karena air terlanjur memenuhi kapal, akhirnya karam.

Slamet menghimbau agar nelayan tidak memaksa melaut. “Akhir-akhir ini cuaca buruk sering terjadi, jika kondisi kapal tidak memungkinkan, jangan memaksa berlayar,” tandasnya.

Himbauan itu juga berlaku untuk kapal penyeberangan antar pulau. Yang beroperasi setiap hari. Dari Pelabuhan Tanjung Tembaga ke Pulau Gili. (lai/saw/asd)