Pendaftaran Panwascam Dibuka, Wajibkan 30 Persen Kuota untuk Perempuan

124
Ketua Bawaslu Kota Pasuruan, Anas Muslimin.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pasuruan mulai membuka pendaftaran bagi calon anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam). Dalam perekrutan itu, 30 persen diberikan untuk kuota perempuan.

Ketua Bawaslu Kota Pasuruan, Anas Muslimin mengatakan, gelaran pilkada 2024 perekrutan Panwascam dibuka mulai tanggal 21-27 September 2022. Lokasi pendaftaran di Kantor Bawaslu Kota Pasuruan.

Anas mengatakan, perekrutan Panwascam tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, kali ini pihaknya memberi kuota khusus bagi Panwascam di setiap Kecamatan.

“Jadi harus ada keterwakilan perempuan, dan harus mencapai 30 persen dari anggota yang direkrut. Harus terpenuhi. Kalau tidak ada, akan kami perpanjang,” kata Anas, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga :   Salah Tulis Plano, TPS 01 Pilang Lambat Penghitungan Suara

Sementara itu, Bawaslu akan merekrut total 12 orang yang akan ditempatkan di 4 Kecamatan, yakni Panggungrejo, Bugul Kidul, Gadingrejo dan Purworejo.

Lebih lanjut mantan jurnalis tersebut menegaskan, berkas para pendaftar Selantanya akan diteliti kelengkapannya pada 28-30 September mendatang.

“Kelengkapan berkas, keabsahan dokumen pendaftaran dan persyaratan pendaftaran yang nantinya akan diteliti,” tuturnya. (don/asd)