Ribuan Personel Disiapkan untuk Amankan Haul Kiai Hamid

113
Apel persiapan pengamanan haul Kiai Hamid, Rabu (5/10/2022).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Haul Kiai Abdul Hamid digelar Rabu (04/10/2022). Ribuan personel keamanan dikerahkan.

Kasi Humas Polres Pasuruan Kota, Iptu Merdhania Pravita mengungkapkan, personel yang dikerahkan pada haul kali ini berjumlah 1.025 personel.

Ribuan personel tersebut merupakan personel gabungan yang terdiri dari polisi, TNI, BPBD, dinas perhubungan, dinas kesehatan, dan instansi terkait lainnya.

“Mulai sore nanti, seluruh personel akan diturunkan,” kata Vita.

Menurutnya, ada 49 titik pengamanan mulai dari ring 1 yakni di sekitar lokasi pusat acara, ring 2 yakni wilayah yang dekat pusat acara, hingga ring 3 yakni wilayah perbatasan Kota Pasuruan.

Haul tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Jika tahun lalu pelaksanaan acara haul dipecah. Masjid-masjid di Kota Pasuruan turut menyelenggarakan secara virtual.

Baca Juga :   Pedagang Ngalap "Berkah" di Haul Kiai Hamid

“Tahun ini memang berbeda dengan tahun lalu. Kami juga akan melakukan penyekatan. Petugas polwan juga dikerahkan untuk mengatur ibu-ibu,” imbuh Vita.

Selain ribuan personel keamanan dikerahkan, polisi juga melakukan penyekatan di tujuh ruas jalan yang ada di Kota Pasuruan dan menyediakan puluhan kantong parkir untuk kendaraan roda dua, roda empat, dan kendaraan umum.

Tujuh ruas jalan yang dilakukan penyekatan antara lain, Jalan Gajah Mada, tepatnya simpang tiga garasi Bus Ladju; simpang empat tugu jam dekat Lapas IIB Pasuruan.

Kemudian simpang Jalan Sumatra-Jalan Jawa; Jalan Sumatra; jalan di dekat Toko Mahkota; simpang empat PLN lama; simpang wilayah Wiroguno. (tof/asd)