Banjir dan Longsor di Ranupani, 11 Rumah Rusak

145
Banjir dan Longsor di Ranupani, 11 Rumah Rusak

Senduro (WartaBromo.com) – Sebelas rumah dilaporkan rusak akibat banjir dan tanah longsor yang terjadi di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Sabtu (8/10) kemarin. Rata-rata tembok bagian belakang roboh dan atap rumah rusak.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang, Joko Sambang saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya saat ini sudah melakukan upaya penanganan pada rumah yang terdampak banjir dan tanah longsor di Ranupani.

“Pagi ini kita kerja bakti pembersihan rumah yang terdampak lumpur di Ranupani,” terangnya, Minggu (9/10).

Warga yang rumahnya mengalami kerusakan, memilih untuk mengungsi ke rumah saudara masing-masing yang tidak jauh dari rumahnya. Hewan ternak, sementara dikumpulkan di lokasi dekat Balai Desa Ranupani.

Baca Juga :   Gasak Motor di Toko, 2 Pria asal Jember "Dipatuk Cobra"

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan makan selama masa penanganan banjir dan tanah longsor, tim Tagana juga membangun dapur umum yang belokasi di rumah Ketua RW 01.

Sehari sebelumnya, penanganan sudah menggunakan alat berat dan manual. Ada 4 unit alat berat yang digunakan untuk mempercepat penananganan diantaranya 1 unit Loader BPBD, dan 2 unit Excavator serta 1 unit Doser milik PU yang juga ikut melakukan penanganan darurat.

Meskipun sempat ditutup sementara, namun hari ini Jalur Lumajang-Malang, sudah bisa dilewati dengan kondisi jalan agak licin lantaran masih ada sisa material lumpur. (rul/may)