Tingkat Kepuasan Meningkat, Kinerja DPMPTSP Kota Pasuruan Masuk Kategori Baik

115

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan di Kota Pasuruan meningkat.

Hasilnya, kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pasuruan masuk dalam kategori baik di tahun 2022 ini.

Hal itu didapatkan dari hasil survei yang diperoleh DPMPTSP pada periode Januari – Oktober 2022 yang mencapai 87,14 persen.

Survei tersebut melibatkan 196 koresponden masyarakat Kota Pasuruan yang meliputi dari 98 laki-laki dan 98 perempuan dengan unsur penilaian yakni, persyaratan, prosedur, kecepatan pelayanan, produk layanan, biaya/tarif, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, sarana prasarana, dan penanganan pengaduan, saran dan masukan.

Iwan Prasetyo, Kepala bidang Informasi dan Pengaduan mengatakan, survei kepuasan masyarakat merupakan instrumen untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang telah diberikan sekaligus sebagai salah satu tolak ukur kinerja penyelenggara pelayanan publik.

Baca Juga :   Dewan Pertanyakan Kesiapan Pemkot Gunakan Hotel untuk Karantina Pasien Covid-19

“Kepuasan masyarakat terhadap seluruh aspek pelayananan publik tahun ini mendapat skor baik,” kata Iwan, Jumat (11/11/2022).

Pihaknya berharap di tahun depan bisa mempertahankan kinerja pelayanan publik. Hal itu dilakukan agar bisa memenuhi kepuasan masyarakat dalam melakukan pengurusan kepentingan.

“Harapannya terus bertahan nilai seperti ini, ini sudah tinggi dari tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya.

Selain itu, evaluasi bulanan akan terus dilakukan sesuai dengan SOP yang berlaku. Dari evaluasi ini akan diketahui di tahapan mana sebuah permohonan izin mengalami perlambatan proses, dicari penyebab keterlambatan, dan dicari solusi agar tidak lagi terjadi keterlambatan.

“Selain mengevaluasi ketepatan waktu penyelesaian izin, mekanisme, persyaratan, dan prosedur yang menghambat kecepatan proses perizinan bisa diperbaiki lagi,” ungkapnya.

Baca Juga :   Sebuah Catatan: Sepanjang Jalan Pahlawan

Sekedar diketahui, data survei kepuasan masyarakat di tahun 2022 ini meningkat dari tahun sebelumnya. Di tahun 2021 semester II, kepuasan masyarakat berada di angka 85,08 persen, sedangkan di tahun ini mencapai 87,14 persen naik 2,06 persen. (don/*)