Viral Rombongan Mobil Pribadi Memaksa Masuk Kawasan Bromo, Ini yang Terjadi

1170

Tosari (WartaBromo.com) – Sebuah video beredar di media sosial menunjukkan rombongan mobil pribadi yang memaksa masuk kawasan Gunung Bromo.

Dalam video yang berdurasi 2 menit 39 detik tersebut memperlihatkan petugas di palang pintu berdebat dengan seorang perwakilan dari rombongan.

Perwakilan rombongan hendak memaksa masuk karena mengaku mendapat undangan acara Bromo Fashion. Namun hal tersebut ditolak oleh petugas.

“Saya baru saja mengantar teman-teman yang survei. Orangnya masih di bawah. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi menyatakan tidak ada yang boleh masuk dengan surat tersebut, kecuali bawa undangan,” ujar si petugas.

Kapolsek Tosari, AKP Dedy Suryo Cahyono membenarkan kejadian tersebut. Kejadian yang di video disebutkan terjadi di kawasan Pakis Bincil, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, pada Sabtu (19/11/2022).

Baca Juga :   Bromo Masih Tutup, Calon Pengantin Prewed di Ladang

Menurut Dedy, saat itu ada rombongan mobil pribadi yang hendak memaksa masuk kawasan Bromo. Ada sekitar 12 mobil dalam rombongan tersebut.

Sesampainya di lokasi, rombongan tidak diperbolehkan masuk oleh petugas TNBTS karena tidak mengantongi surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi).

“Mereka diminta kembali oleh petugas,” kata Dedy.

Sementara itu, Koordinator Pelaku Wisata Bromo Pasuruan, Widian Singgih menyayangkan adanya kejadian tersebut. Ia mengimbau wisatawan atau warga yang hendak ke kawasan bromo mengetahui aturan yang berlaku.

“Kalau ke Bromo cari informasi dulu bagaimana caranya dan aturannya supaya tidak terjadi seperti ini,” kata Singgih. (tof/yog)