Tips Menjadi Guru yang Menyenangkan Agar Murid Tak Bosan

98

Pasuruan (WartaBromo.com) – Menjadi guru memiliki tantangan tersendiri. Berbagai usaha dilakukan agar murid yang dibina merasa nyaman, tidak mudah bosan dan suasana kelas selalu menyenangkan.

Untuk itulah tips menjadi guru yang menyenangkan banyak dicari oleh para pendidik. Sebab, tips-tips tersebut bisa membantu meningkatkan kinerja dan pola mengajar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips menjadi guru yang menyenangkan agar murid tidak bosan berada dalam kelas:

1. Kuasai Materi Pelajaran

Tips pertama untuk menjadi guru yang menyenangkan adalah dengan menguasai materi pelajaran. Jangan sampai siswa justru meremehkan kita sebagai guru karena tidak menguasai materi dengan baik.

Meski dibekali dengan buku, internet, dan media lain sebagai bahan pembelajaran, para siswa tentu lebih ingin mendengarkan langsung penjelasan dari guru.

Baca Juga :   Bulan Depan, Siswa-Guru Dapat Bantuan Kuota Internet

2. Ciptakan Teknik Mengajar yang Bervariasi

Seorang guru dituntut untuk kreatif dan inovatif agar murid tidak bosan dan mudah menyerap materi pelajaran. Guru harus memiliki berbagai teknik mengajar yang bisa disesuaikan dengan kondisi kelas.

Jangan gunakan satu teknik saja karena itu akan membuat siswa bosan. Misalnya, memberikan kegiatan praktikum, diskusi kelompok, hingga permainan sederhana.

3. Komunikatif dan Perhatian

Guru diharapkan mampu mengajar dengan ketulusan hati serta menyayangi mereka seperti anak sendiri. Guru akan dianggap menyenangkan jika bisa memberikan perhatian kepada muridnya.

Selain itu, usahakan untuk komunikatif agar murid mudah menyerap materi. Sebab, selama ini banyak pula guru yang tidak bisa menyampaikan materi dengan bahasa yang jelas. (trj)