PT Tirta Investama Pasuruan Raih Penghargaan dan Sertifikasi Industri Hijau

139

Jakarta (WartaBromo.com) – PT Tirta Investama Pasuruan (Pandaan & Keboncandi) berhasil meraih penghargaan Industri Hijau dan Sertifikasi Industri Hijau 2022 dari Kementerian Perindustrian RI di Jakarta.

PT Tirta Investama Pasuruan (Pandaan & keboncandi) dinilai secara aktif dan bijak telah menggunakan sumber daya dan teknologi yang ramah lingkungan. Sehingga mampu menciptakan efektivitas dan efisiensi untuk keberlanjutan operasional tiap pabrik.

“Saya menyambut baik penyelengaraan acara ini sebagai wujud apresiasi kami bagi perusahaan industri yang telah berkomitmen menerapkan prinsip industri hijau secara konsisten dan berkelanjutan,” kata staf Ahli Menteri bidang Iklim Usaha dan Investasi Kemenperin Andi Rizaldi di Jakarta, saat membacakan sambutan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Jumat (25/11/2022) lalu.

Andi mengatakan, penerapan industri hijau secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi perekonomian nasional, dimana salah satu dampaknya adalah penurunan biaya produksi dan peningkatan produksi per satuan waktu, yang pada akhirnya akan membuat harga lebih mampu bersaing di pasar.

“Kemampuan produk bersaing akan menindaklanjuti total penjualan dan peluang Green job, yang tertentu berkontribusi pada pendapatan negara melalui peningkatan pajak dan devisa,” ujar Andi.
Dirinya menambahakan beberapa industri membuktikan bahwa upaya hijau telah memberikan manfaat dan keuntungan. Investasi dalam bentuk pengadaan dan perekayasaan teknologi, lanjutnya, mampu meningkatkan efisiensi proses produksi.

Saat ini industri hijau dan sertifikasi Industri Hijau sudah menjadi tuntutan pasar seiring dengan semakin tingginya kepedulian pasar akan kelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan. Penerapan konsep industri hijau, dikatakan, bertujuan untuk mendorong berbagai perusahaan untuk terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi melalui penghematan biaya dan sumber daya alam.

Perusahaan-perusahaan, termasuk PT Tirta Investama Pasuruan (Pandaan & Keboncandi), yang mendapatkan Penghargaan Industri Hijau 2022 dan Sertifikasi Industri Hijau telah membuktikan sebagai pelaku industri yang terus bertransformasi menuju industri berbasis inovasi yang tangguh dan berdaya saing tinggi, serta tetap memiliki kepedulian tinggi terhadap pelestarian lingkungan.

Hal ini membuat dunia industri dalam negeri sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi nasional terus berkembang menuju kinerja yang lebih baik.

“Seluruh Pabrik PT Tirta Investama Pasuruan dan AQUA di Indonesia telah memberikan upaya terbaiknya untuk menerapkan prinsip industri hijau dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari, yaitu melalui efisiensi produksi dan peningkatan efektivitas serta penggunaan sumber daya alam secara bijak,” kata Connie Ang, Vice President Operations Danone-AQUA. (*/*)