Hati-hati Bund! Ini Ciri-ciri ASI Masuk ke Paru-paru Bayi

3398

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mengetahui masalah kesehatan pada bayi bukan hal mudah, utamanya bagi ibu baru. Salah satu masalah kesehatan pada bayi yang kerap terjadi adalah air ASI masuk ke paru bayi.

Kondisi ASI masuk ke paru-paru bayi disebut juga sebagai aspirasi. Menurut dokter umum dr. Reni Utari, kondisi ini terjadi karena makanan atau minuman masuk ke dalam saluran pernapasan melalui tenggorokan menuju paru-paru.

“Berbeda dengan tersedak, aspirasi tidak menyebabkan saluran napas tersumbat seluruhnya,” terang dr. Reni.

Lantas, apa saja ciri-ciri air susu masuk ke paru-paru bayi yang dapat diamati? Berikut diantaranya:

  • Bayi sering batuk. Bayi akan spontan batuk jika ada benda asing yang masuk ke saluran napas. Bila masuk ke paru-paru, maka bayi akan sering batuk disertai keluarnya lendir dan berbau tidak sempat.
  • Sulit makan. Jika bayi mendadak menolak minum ASI atau menjadi sulit makan apa pun, bisa jadi ini tanda ASI masuk paru-paru.
  • Kulit bayi membiru. Ini disebabkan karena gangguan sirkulASI darah dan oksigen yang tidak terdistribusi ke seluruh tubuh.
  • Napas bayi terdengar lebih cepat. Tanda ASI masuk paru-paru bayi juga bisa dilihat dari caranya bernapas. Bayi yang mengalami aspirasi mungkin akan terlihat bernapas semakin cepat.
  • Demam. Demam merupakan gejala yang cukup umum dialami saat terjadi gangguan kesehatan. Kondisi ini bisa juga menjadi tanda ASI masuk paru-paru bayi.
Baca Juga :   Muncul Uban Bikin Tak PD? Begini Cara Menghilangkan Uban dengan Alami

Semua ciri di atas bisa dikenali sedini mungkin oleh para ibu. Bila mengeahui salah satu cirinya, maka segera konfirmasi dengan dokter spesialis anak. (trj)