Pipa Putus Imbas Cuaca Buruk, Ribuan Warga Pulau Gili Kesulitan Air Bersih

153
Warga Gili Ketapang menyerbu bantuan air bersih yang dikirim melalui kapal cepat.

Sumberasih (WartaBromo.com) – Ribuan warga di Pulau Gili Ketapang, Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, kesulitan air bersih. Itu terjadi setelah pipa penyuplai dari Probolinggo daratan ke Pulau Gili Ketapang putus.

Putusnya pipa PDAM itu terjadi setelah perairan utara Probolinggo, dilanda cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir.

“Rusaknya pipa itu bersamaan dengan tanggul yang jebol beberapa hari lalu. Sampai sekarang belum ada perbaikan,” tutur Kades Gili Ketapang, Badrul Munir, melalui sambungan selular, Sabtu (31/12/2022).

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih, warga setempat membeli dari Kota Probolinggo. Namun, cuaca buruk yang terjadi belakangan ini, proses distribhsi pun terganggu hingga membuat stok air bersih menipis.

Laporan krisis air bersih itu sudah disampaikan pemdes ke Pemkab Probolinggo. Dropping air bersih pun dilakukan.

Pihak BPBD Kabupaten Probolinggo, bersama Polresta Probolinggo, mengirim 20 ton air bersih ke pulau berpenduduk sekitar 10 ribu jiwa lebih itu.

“Kami berharap bantuan air bersih ini bisa membantu warga setempat yang mengalami krisis air bersih,” kata Kapolresta Probolinggo, AKBP Wadi Sa’bani.

Tak pelak, air bersih yang dikirim melalui melalu kapal cepat itu pun diserbu warga. “Sangat bersyukur sekali ada bantuan air bersih seperti ini. Semoga pipa yang rusak itu bisa segera diperbaiki dan kami tidak kesulitan air bersih lagi,” tutur warga setempat, Sunardi. (Lai/saw/asd)