Tips Lolos Jalur Undangan 2023 untuk Masuk Perguruan Tinggi Impian

918

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebentar lagi pendaftaran masuk ke perguruan tinggi negeri via jalur undangan dibuka. Tentu, para pelajar SMA sibuk mempersiapkannya.

Seperti diketahui, masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan bukanlah hal mudah. Pasalnya, di jalur ini persaingan sangat ketat dan mengandalkan nilai raport serta berbagai prestasi.

Lantas, apa saja tips yang bisa dilakukan agar lolos masuk ke perguruan tinggi negeri lewat jalur undangan?

Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Selektif dalam Memilih Jurusan

Memilih jurusan di perguruan tinggi tidak boleh asal-asalan. Pasalnya, jurusan bisa menentukan keterima atau tidaknya seseorang di perguruan tersebut.

Untuk itu pastikan selektif memilih jurusan. Carilah yang kuotanya terbanyak dan usahakan jurusan yang tidak terlalu banyak peminat.

Baca Juga :   Buta Huruf di Pasuruan Didominasi Kaum Perempuan

2. Analisi Nilai Rapor Secara Mandiri

Tips lolos jalur undangan berikutnya adalah usahakan untuk menganilisa nilai rapor secara mandiri. Dengan begini, kamu bisa mengira-ngira apakah nilai rapormu layak bersaing lewat jalur undangan.

Untuk lolos jalur undangan, nilai rapor minimal harus naik secara signifikan dan tidak boleh ada yang turun drastis. Bila memang dirasa kurang, segera saja minta perbaikan nilai kepada guru.

3. Lampirkan Prestasi yang Terbaik

Salah satu komponen yang dipertimbangkan adalam seleksi jalur undangan adalah prestasi. Oleh karena itu, bagi yang mempunyai prestasi akademik ataupun non akademik dapat membuat daftar prestasi dari lomba yang pernah diikuti.

Setelah membuat daftar prestasi, cari tahu jenis prestasi yang mempunyai tingkatan perlombaan paling tinggi dan juara terbaik. Lampirkan sertifikatnya saat pendaftaran. (trj)