Cara Mengatasi Kolitis pada Orang Dewasa, Dijamin Ampuh!

60

Pasuruan (WartaBromo.com) – Peradangan usus besar (kolitis) seringkali dialami orang dewasa. Selama ini kebanyakan orang menganggap kolitis hanya bisa disembuhkan dengan cara operasi.

Padahal ada cara lain untuk mengatasi kolitis yang dijamin ampuh. Cara ini bahkan direkomendasikan dr. Fadhli Rizal Makarim, dokter umum di salah satu rumah sakit Jakarta Selatan.

“Pengobatan kolitis pada orang dewasa didasari pada kondisi yang menyebabkannya,” terangnya dinukil dari halodoc.com.

Penasaran apa saja cara mengatasi kolitis pada orang dewasa yang dijamin ampuh?

1. Minum Antibiotik

Cara mengatasi kolitis yang pertama yaitu dengan obat-obatan. Dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri.

Selain antibiotik, dokter biasanya melengkapi dengan pemberian kortikosteroid untuk mengobati peradangan. Pemberian obat ini umumnya diberikan pada kasus kolitis awal.

Baca Juga :   Tak Hanya Kekenyangan, Ini 3 Penyebab Perut Begah yang Jarang Disadari Orang

2. Ubah Pola Makan

Selain mengkonsumsi antibiotik, kolitis bisa diatasi dengan mengubah pola makan. Terutama jika pengidapnya mengalami kolitis akut yang bersifat sementara.

Pola makan yang direkomendasikan yaitu diet rendah serat dan mudah dicerna. Namun, untuk kasus kolitis kronis, mungkin pengidapnya perlu membuat rencana diet khusus bersama dokter.

3. Minum Obat Anti Diare

Cara terakhir untuk mengatasi kolitis yang dijamin ampuh adalah dengan mengkonsumsi obat anti diare dan antinyeri. Namun, jika gejala tidak kunjung membaik atau berisiko munculnya komplikasi, maka dokter dapat merekomendasikan operasi. (trj)