Mitos Air Mata Dugong dan Ikan Duyung yang Dipercaya Masyarakat di Seluruh Dunia

484

Pasuruan (WartaBromo.com) – Segala sisi dari dugong dan ikan duyung kerap dikaitkan dengan mitos. Mulai dari sirip, bentuk, daging hingga air matanya.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa dugong dan ikan duyung tidaklah sama. Dilansir dari mongabay.co.id, perbedaan tersebut terletak dari pengelompokan spesies.

Di mana dugong pada dasarnya termasuk jenis mamalia laut. Sedangkan duyung sendiri diidentifikasi sebagai bagian dari keluarga ikan.

Lantas, apa saja mitos tentang air mata dugong dan ikan duyung? Berikut diantaranya:

1. Bisa Berubah Menjadi Mutiara

Mitos yang paling terkenal saat mendengar nama dugong dan ikan duyung adalah air matanya bisa berubah jadi mutiara. Saking populernya mitos ini, banyak series drama yang mengangkatnya sebagai cerita.

Baca Juga :   Aroma Mistis Kembang Kantil Bikin Meringis

Mitos ini muncul karena dulunya dugong dan ikan duyung dipercaya merupakan jelmaan seorang dewi cantik. Dimana dewi tersebut jatuh cinta pada seorang penggembala.

2. Bisa Mendatangkan Keberuntungan

Bagi sebagian masyarakat air mata dugong dan ikan duyung bisa membawa keberuntungan. Mitos ini beredar dan dipercaya karena dugong dan ikan duyung tak mudah didapatkan.

Tidak heran jika banyak orang berburu ikan duyung atau dugong untuk diambil air matanya. Entah benar atau tidak, kepercayaan ini tak bisa dibuktikan secara ilmiah.

3. Bisa Dijadikan Pengasih

Mitos air mata dugong dan ikan duyung yang paling fenomenal adalah dipercaya bisa dijadikan pengasih alias pemelet.

Untuk bisa menggunakannya, menurut kepercayaan air mata tersebut harus dicampur dengan parfum. Serta diberi aji-ajian agar lawan jenis jatuh hati. (trj)