Giliran Kota Probolinggo Dikepung Banjir

262

Kanigaran (WartaBromo.com) – Setelah Grati, Kabupaten Pasuruan, kini giliran Kota Probolinggo dikepung banjir.  Di sejumlah wilayah, ketinggian air  dilaporkan mencapai lutut orang dewasa.

Seperti yang terlihat di sepanjang jalan raya Soekarno Hatta. Tepatnya dari pertigaan Yon Zipur 10, ke barat sampai daerah Umbul. Atau depan SMAN 1 Kota Probolinggo.

Beberapa laporan lain, juga diterima Wartabromo.com menyebutkan, banjir juga melanda Jalan Cangkring, Jalan Merpati, Jalan Juanda, Jalan Sutan Syahrir, Jalan Arif Rahman Hakim dan sekitaran Jalan Pahlawan ke selatan.

Simpang Empat Brak, juga tak luput dari genangan air. Jalan raya di tengah kota ini tak ubahnya menjadi sungai dadakan.

Beberapa warga bahkan sampai memasang portal jalan. Itu dilakukan agar pengendara tidak nekat melintas guna menghindari riak air.

Baca Juga :   Warga Maron Tewas Terseret Banjir

Rizal Wibowo, warga Tisnonegaran menyebut, banjir semacam ini terjadi hampir setiap hujan deras dengan durasi lebih dari tiga jam.

“Upaya warga juga tidak kurang. Setiap akhir pekan kami kerja bakti, bersihkan saluran dan gorong-gorong, tapi tetap saja begini. Harus ada campur tangan pemerintah untuk normalisasi saluran air ini sampai ke hulu,” terangnya, Jumat (10/02/2023) petang.

Di sisi lain, dari pantauan media ini, banjir yang terjadi tidak hanya membuat jalanan terendam. Sebab, beberapa rumah warga yang ada di sekitar juga turut tergenang.

“Kemarin malam hujan semalaman juga banjir, sekarang belum kering di dalam rumah sudah datang lagi,” sahut warga yang lain, Heri.

Baca Juga :   Ribuan KK di Probolinggo Terdampak Banjir

Sejauh ini, belum ada data resmi terkait dampak cuaca ekstrem berupa hujan deras yang melanda kawasan Probolinggo belakangan ini.  (lai/saw)