Hati-hati! Penyebab Batalnya Puasa Berikut Sering Diabaikan

331

Pasuruan (WartaBromo.com) – Puasa Ramadan adalah ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh umat Islam. Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus tapi juga menahan diri dari hawa nafsu dan perbuatan buruk yang dapat merusak puasa yang tengah dijalani.

Lebih dari itu, puasa harus menjadi sebuah momentum untuk meninggalkan maksiat.  Seperti dalam hadits riwayat An-Nasa’i dilansir dari nu.or.id, Rasulullah SAW pernah bersabda: 

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوْع وَالْعَطْش

Artinya: “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan sesuatu dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga” (HR An-Nasa’i).

Nah, berikut ini ada beberapa penyebab batalnya puasa yang sering kali diabaikan dan perlu Bolo pahami:

Baca Juga :   Semangat Berpuasa Sang Nenek Diusia 110 Tahun

1. Memasukan Sesuatu ke Dalam Tubuh

Memasukan sesuatu hal di dalam tubuh dengan sengaja dapat membatalkan puasa. Maksudnya memasukan benda ke dalam mulut, telinga dan hidung.

Puasa dapat batal jika benda yang dimasukkan itu makanan, minuman atau benda lainnya dengan sengaja. Kalaupun dilakukan tanpa sengaja secara atau lupa, hal itu tidak membatalkan  puasa.

2. Memasukan Benda ke dalam Dubur

Nah, salah satu penyebab batalnya puasa adalah memasukan obatan ke dalam lubang dubur. Sebagai contoh, seseorang yang tengah mengalami ambeien atau memasang kateter urin dapat membatalkan puasanya.

3. Pingsan

Terakhir, salah satu penyebab batalnya puasa adalah pingsan. Pingsan bisa disebabkan karena masalah kesehatan atau kurangnya stamina tubuh.

Baca Juga :   Kisah Staf Kelurahan Sukses Bisnis Kue Ramadhan

Jika hal ini terjadi, tentu saja termasuk dalam hal yang dapat menjadi penyebab batalnya puasa, karena pingsan membuat seseorang tak sadarkan diri atau hilang kesadaran. (tra/trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.