Tindakan-tindakan yang Membatalkan Puasa, Salah Satunya Jarang Disadari

189

Pasuruan (WartaBromo.com) – Selama menjalankan puasa Ramadan umat Muslim pasti berusaha menjaga tindakan dan perilakunya agar puasa yang dijalankan maksimal. Sayangnya, banyak yang tak sadar bila ada tindakan-tindakan yang membatalkan puasa.

Untuk dipahami, puasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja tetapi juga menahan diri dari hawa nafsu. Artinya, yang membatalkan puasa tak cuma makan minum dengan sengaja saja.

Lantas, apa saja tindakan-tindakan yang membatalkan puasa? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Merokok

Merokok merupakan salah satu tindakan yang membatalkan puasa. Beberapa ulama yang kuat argumentasinya juga menyampaikan bahwa uap tembakau dapat membatalkan puasa.

Namun ada mayoritas ulama juga menyampaikan bahwa menghirup asap rokok tidak membatalkan puasa, tetapi kalau merokok tentu batal karena bukan sekedar menghirup.

Baca Juga :   Tips Merawat dan Tutorial Hijab Lebaran

2. Menelan Dahak

Bagi yang sedang sakit batuk atau pilek selama puasa Ramadan sebaiknya hati-hati. Pasalnya, menelan dahak bisa membatalkan puasa.

Hal ini menurut pendapat beberapa ulama yang menyatakan bahwa dahak itu berasal dari pangkal hidung, alias tidak keluar dari mulut.

3. Berenang

Sebenarnya berenang diperbolehkan saat menjalankan puasa. Akan tetapi, yang sulit adalah menjaga agar tidak ada air yang masuk ke tubuh, melalui hidung, mulut, telinga dan dubur.

Oleh karena itu, hal tersebut pasti sulit dihindari, maka alangkah baiknya menunggu hingga waktu berbuka untuk berenang. (tra/trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.