Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur agar Tidak Mudah Haus saat Puasa

105

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kebanyakan orang cenderung asal-asalan memilih makanan saat sahur memasuki akhir puasa Ramadan. Alhasil, di pagi harinya tenggorokan terasa kering, mudah harus dan tubuh terasa lemas.

Bila tubuh sudah terasa lemas, maka puasa pun jadi tak maksimal. Padahal, di akhir puasa Ramadan seharusnya semakin semangat berburu kebaikan dengan melakukan hal-hal yang mendatangkan pahala.

Nah, agar tidak mudah harus dan stamina tetap terjaga, sebaiknya Bolo menghindari 3 makanan yang dilansir dari berbagai sumber berikut:

1. Makanan yang Mengandung Garam Terlalu Banyak

Garam dapat membuat tubuh lebih mudah dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari makanan yang mengandung banyak garam seperti keripik, daging asin, camilan pedas, atau makanan olahan dengan banyak bumbu dan pengawet.

Baca Juga :   Sidak Mamin Jelang Lebaran, Petugas Temukan PIRT Bermasalah

Bila pun kurang asin, sebaiknya tambahkan garap secukupnya. Kemudian, imbangi dengan mengkonsumsi air putih secara berkala atau jeruk hangat.

2. Makanan yang Mengandung Kafein

Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh hitam, atau minuman energi dapat membuat tubuh lebih cepat terdehidrasi karena kafein memiliki efek diuretik yang dapat memicu produksi urin yang lebih banyak.

Sebaiknya menghindari konsumsi kafein atau membatasi konsumsi pada waktu yang tepat seperti sahur atau berbuka. Lebih baik mengonsumsi minuman yang mengandung air seperti air putih, air kelapa, atau jus buah yang segar.

3. Makanan yang Tinggi Gula dan Santan

Makanan tinggi gula seperti minuman soda, permen, kue manis, atau sirup dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, yang dapat membuat tubuh lebih cepat haus. Pun dengan makanan bersantan seperti gulai, opor dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Tips Agar Tidak Lemas saat Berpuasa di Siang Hari, Sudah Coba?

Sebaiknya menghindari makanan-makanan tersebut dan memilih sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah, atau oatmeal yang lebih dapat memberikan energi yang tahan lama. (trj)