Yuk Gabung! Saatnya Mengenalkan Alpukat Purwodadi ke Penjuru Negeri

408
Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan menunjukkan salah satu jenis Alpukat Purwodadi di Kebun D'moro Land Desa Tambaksari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kabupaten Pasuruan memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Salah satu satunya adalah perkebunan alpukat di wilayah Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Menurut laporan Global Avocado Market, pada tahun 2020, produksi alpukat global diperkirakan mencapai sekitar 7,1 juta ton. Sedangkan konsumsi alpukat global mencapai sekitar 6,2 juta ton.

Alpukat diperkirakan akan menjadi buah tropis utama kedua yang paling banyak diperdagangkan pada tahun 2030 menurut laporan Agricultural Outlook 2021-2030 dari Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) dan Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO).

Hal ini akan melampaui volume ekspor nanas dan mangga, dan menjadikan alpukat sebagai buah tropis paling banyak diperdagangkan setelah pisang. Permintaan global yang terus meningkat dan investasi besar dalam produksi menjadi dasar dari ekspansi ini. Di Eropa, alpukat telah menjadi buah impor paling berharga kedua dari negara berkembang, setelah anggur.

Baca Juga :   Kenalan dengan Lezatnya Alpukat Purwodadi

Karenanya, budidaya buah alpukat dinilai sangat potensial secara ekonomi dan bisnis di Indonesia. Alpukat atau avokad (Persea americana) menjadi buah unggulan dan bisa dibudidayakan menjadi berbagai produk turunan yang kaya akan manfaat.

Wilayah Kecamatan Purwodadi dengan desa – desa di lereng Arjuna seperti Jatisari dan Tambaksari menjadi wilayah potensial penghasil alpukat terbaik di Kabupaten Pasuruan.

Kondisi inilah yang mendorong Wartabromo melalui Warmo Institute untuk memperkenalkan keunggulan alpukat Purwodadi ke penjuru negeri yang sangat perlu mendapatkan perhatian serius dan dikembangkan bersama.

Bersama asosiasi petani Alpukat di daerah setempat akan hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan yang akan mendengarkan aspirasi dan juga berbagi ilmu tentang bisnis dan pemasarannya.

Baca Juga :   Kenalan dengan Lezatnya Alpukat Purwodadi

Acara tersebut bakal digelar di Kebun D’moro land milik Dedy Sumanto Kampung Alpukat Desa Wisata Tambaksari, Kecamatan Purwodadi pada hari Minggu, 16 April 2023 pukul 15.00 WIB.

Bagi anda yang tidak dapat hadir bisa mengikuti kegiatan tersebut melalui siaran live streaming di kanal Youtube Pasuruan Hari Ini atau juga mengakses di media sosial wartabromo lainnya. (lio/*)