Waspada Maling Mengincar! Ini Cara Mengamankan Rumah Selama Mudik Lebaran

173

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mudik menjadi salah satu tradisi di Indonesia saat hari raya Idul Fitri tiba. Pada momen inilah banyak kejadian kejahatan yang tak diinginkan, salah satunya rumah kemalingan.

Untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan cara mengamankan rumah sebelum ditinggal mudik. Apa saja caranya?

Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Pasang Sistem Keamanan

Cara pertama adalah dengan memasang sistem keamanan seperti CCTV, alarm, atau pagar listrik dapat membantu mengurangi risiko kejahatan seperti pencurian atau perampokan. Pasang juga pengunci pintu dan jendela yang kuat serta gandengkan pintu rumahmu sebelum meninggalkannya.

Salah satu alat pengaman rumah yang harganya terjangkau bisa kamu beli di sini.

Baca Juga :   Kereta Lanjutan Traveloka, Solusi Ketika Kereta Lebaran 2019 Ludes

2. Bawa Barang Berharga

Jangan tinggalkan barang berharga di rumah seperti perhiasan, laptop, atau gadget mahal. Jika memungkinkan, bawa barang berharga tersebut saat mudik.

Namun, jika tidak mungkin, simpanlah barang tersebut di tempat yang aman dan terkunci seperti brankas. Bisa juga simpan di tempat yang sulit dijangkau atau tempat rahasia yang tidak ketahui orang selain keluarga di rumah.

3. Hindari Update Status Terkini di Media Sosial

Saat ini media sosial menjadi alat yang dimanfaatkan penjahat untuk mengunci targetnya. Belum lagi, penjahat bisa saja datang dari orang terdekat kita, misalnya tetangga atau bahkan saudara.

Maka, hindari mengupdate status terkini selama kamu mudik. Akan lebih baik simpan foto atau videomu selama mudik untuk kamu posting setelah kembali ke rumah.

Baca Juga :   Jalan Besar di Kota Probolinggo Mulai Macet

Mengamankan rumah sebelum mudik Lebaran sangatlah penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan rumahmu selama Anda pergi. (trj)