Karnaval Budaya Nusantara, Alun – alun Kota Pasuruan Jadi Kaya Miniatur Indonesia

2649

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ratusan pelajar di Kota Pasuruan mengikuti karnaval ragam budaya indonesia, Sabtu (27/5/2023) siang. Bahkan, keseruan kegiatan tersebut disaksikan oleh ribuan penonton.

Berdasarkan pantauan wartabromo, ratusan peserta yang terdiri dari pelajar tingkat SD dan SMP nampak mengenakan ragam pakaian adat tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari pakaian adat suku Jawa, Bali, Minang, hingga Papua yang ditampilkan secara kreatif oleh masing-masing sekolah.

Ada juga sekolah yang menampilkan tema budaya pasuruan, seperti ogoh-ogoh hingga tema petik laut. Iringan musik drumband hingga alat musik tradisional ketipung dan kolintang juga menambah kemeriahan karnaval tersebut.

Pawai karnaval pelajar ini pun menjadi hiburan bagi warga Kota Pasuruan. Ribuan warga rela berjejalan dambil berpanas-panasan di pinggir jalan untuk menyaksikan rombongan karnaval itu.

Baca Juga :   Dapat Kucuran Rp10 Miliar, Pemkot Segera Revitalisasi Pasar Besar

“Ramai dan seru. Temanya juga pendidikan budaya, bagus untuk edukasi anak-anak,” ujar Ririn, salah satu orangtua yang menyaksikan anaknya mengikuti karnaval.

Sementara itu, Asisten 1 Pemkot Pasuruan, Sahari mengatakan, karnaval pelajar ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023. Diikuti oleh 100 sekolah tingkat SD sampai SMP negeri dan swasta se-Kota Pasuruan.

Tema karnaval yakni mengusung “pendidikan budaya”, para pelajar diajarkan agar tetap mencintai keragaman adat budaya Indonesia. Harapannya, para pelajar sebagai generasi muda mau untuk melestarikan budaya peninggalan leluhurnya.

“Semoga bisa jadi penerus mempertahankan keanekaragaman budaya Indonesia,” tuturnya. (don/yog)