Pengunjung Wisata Cagar Budaya Candi Jawi Prigen Perlahan Meningkat

211
Candi Jawi di Desa Candiwates, Kecamatan Prigen. Pengunjung ramai saat akhir pekan. Foto: Kamilio.

Prigen (WartaBromo.com) – Pengunjung wisata cagar budaya Candi Jawi yang terletak di kaki Gunung Welirang tepatnya di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen perlahan mengalami peningkatan.

Juru Pelihara (Jupel) Candi Jawi, Solikin mengatakan setelah hari raya idul fitri 2023 pengunjung di wisata Candi Jawi mulai mengalami peningkatan. Di hari libur pengunjung mencapai 30 hingga 50 orang.

“Yang ramai di hari Sabtu dan Minggu bisa mencapai 30 sampai 50 pengunjung. Di hari-hari biasa hanya berkisar 10 hingga 12 pengunjung saja,” papar Solikin, (27/5/2023).

Menurutnya banyaknya pengunjung didominasi oleh warga sekitar. Namun terkadang juga datang dari luar kota dan beberapa dari wisatawan mancanegara. Selain wisatawan, event ritual pemeluk Agama Hindu-Budha juga digelar di sana.

“Ada juga kunjungan observasi dari sejumlah instansi pendidikan dan beberapa dari mancanegara. Untuk ritual keagamaan juga digelar di sini. Seperti Purnamasadi, 1 Suro dan malam Jumat Legi,” sambung Solikin.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Imam Syahroni bersama 4 temannya yang berasal dari Lumajang mengaku terpesona dengan keindahan Candi Jawi. Selain itu, sejarah dibaliknya juga menarik.

“Tadi kita foto-foto di balik indahnya Candi Jawi. Sebetulnya ada acara di Prigen, setelahnya kita memutuskan mampir ke wisata cagar budaya ini. Menambah wawasan sejarah,” aku Syahroni.

Candi Jawi sendiri merupakan peninggalan bersejarah Hindu-Buddha dari Kerajaan Singhasari yang dibangun sekitar abad ke-13. Candi Jawi terletak sekitar 3 kilometer dari pusat kota Pandaan. (lio/asd)