Waspada! Ini Ciri-ciri Orang Terkena Ayan yang Harus Segera Ditangani

223

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ciri-ciri orang terkena ayan sangat perlu diketahui agar bisa mawas diri. Terlebih bagi penderita ayan agar bisa mengatasinya bilamana kambuh.

Dilansir dari hellosehat.com, dalam ilmu kesehatan ayan disebut sebagai salah satu gejala epilepsi. Adapun epilepsi adalah adalah gangguan sistem saraf pusat yang menimbulkan gejala tubuh kejang-kejang.

Nah, untuk dapat mengetahui dan memgenali penyakit ini, Bolo harus tahu ciri-ciri orang terkena Ayan atau Epilepsi. Diantaranya:

1. Kejang

Aktivitas listrik tidak hanya terjadi di organ jantung, tetapi juga di otak. Saat terjadi kelainan aktivitas listrik di otak akibat epilepsi, ini dapat menyebabkan terjadinya serangan kejang pada tubuh.

Kondisi yang tidak normal ini ditandai dengan sel-sel saraf di otak yang bekerja dengan kecepatan yang lebih tinggi dan kurang terkontrol dibandingkan kondisi normalnya.

Baca Juga :   Sawan, Mitos Atau Fakta?

2. Hilang Kesadaran

Serangan kejang yang mempengaruhi seluruh tubuh dapat menyebabkan kehilangan kesadaran pada penderitanya. Ini berarti orang tersebut kehilangan kendali atas tubuhnya sendiri.

Ketika tanda dan gejala epilepsi ini terjadi, biasanya mereka akan jatuh. Hal yang sangat berbahaya adalah mereka dapat mengalami kecelakaan, misalnya saat naik atau turun tangga atau saat mengemudi kendaraan. Akibatnya, mereka rentan mengalami cedera pada kepala atau bagian tubuh lainnya.

3. Perubahan Perilaku dan Emosi

Seseorang yang menderita ayan seringkali mengalami perubahan perilaku dan emosi sebelum, selama, atau setelah serangan kejang.

Beberapa perubahan perilaku yang mungkin terjadi meliputi kebingungan, perasaan cemas atau takut, gangguan tidur, atau sulit berkonsentrasi.

Baca Juga :   Apakah Masakan Bersantan Bisa Dipanaskan Lagi? Ini Penjelasan Pakar Nutrisi

Oleh sebab itu Bolo, mengenali ciri-ciri seseorang yang terkena ayan sangat penting dalam memahami kondisi mereka dan memberikan dukungan maupun penanganan yang tepat. (tra/trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.