Bakesbangpol Pasuruan Klarifikasi, Yayasan Surau Suluh Indonesia Bukan Aliran Kepercayaan

487

Bangil (WartaBromo.com) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pasuruan mengklarifikasi terkait penyebutan Yayasan Surau Suluh Indonesia (YSSI) sebagai salah satu aliran kepercayaan yang ada di Pasuruan.

Surat pernyataan yang ditandatangani Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan, Eddy Supriyanto pada Rabu, 21 Juni 2023 itu diterbitkan menyusul konfirmasi pihak YSSI pada Bakesbangpol pada hari itu juga.

“Di sini saya memberikan surat pernyataan bahwa Yayasan Surau Suluh Indonesia merupakan organisasi yang bergerak di bidang kemasyarakatan dan bukan aliran kepercayaan,” ungkap Eddy, Rabu (21/6/2023).

Diberitakan sebelumnya, penyebutan YSSI sebagai salah satu aliran kepercayaan itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada sosialisasi penghayat aliran kepercayaan masyarakat (PAKEM) tahun 2023, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga :   Pemkab Pasuruan Kesulitan Cari Pak Carik

Karenanya, YSSI yang sejatinya merupakan organisasi kemasyarakatan melakukan konfirmasi dan kejelasan status organisasi. Mengingat, YSSI telah mendaftar di Bakesbangpol sebagai organisasi kemasyarakatan.

“Kami meminta konfirmasi sekaligus kejelasan organisasi kami yang disebut sebagai aliran kepercayaan. Alhamdulillah pihak terkait telah memberikan surat pernyataan perihal yang dimaksudkan,” jelas M. Nasikh Said perwakilan YSSI.

Untuk diketahui, YSSI yang berlokasi di Kecamatan Kraton itu merupakan organisasi kemasyarakatan. YSSI acap kali memberikan bantuan sosial seperti halnya bantuan alat-alat pengajian pada jemaah yasinan di 50 titik di Kecamatan Kraton serta beberapa santunan lansia.

Di sisi kegiatan sosial, kajian teoritis yang berorientasi pada isu-isu sosial kemasyarakatan juga digelar di setiap bulannya. Baru-baru ini, YSSI menggelar kajian syawalan “Buku Gerakan Koperasi dan Perekonomian Rakyat” Bung Hatta, serta kajian Ramadhan referensi “Bank Kaum Miskin” oleh Muhammad Yunus.

Baca Juga :   Tambah 24 dalam Dua Hari, Pasien Positif Capai 367 Orang

Atas ketidak nyamanan, serta konfirmasi itu, pihak Bakesbangpol meminta maaf sekaligus sangat mengapresiasi beberapa kegiatan sosial kemasyarakatan serta kajian literatur YSSI yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan. (lio/yog)