Gedung BPBD Senilai 19 Miliar Mulai Dikerjakan

159
Lokasi pembangunan gedung baru BPBD di Jalan Raya Bendungan, Kecamatan Kraton. Foto: Kamilio.

Kraton (WartaBromo.com) – Rencana relokasi gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan ke Kraton mulai dilakukan. Setidaknya proses pembangunan akan memakan waktu hingga 7 bulan.

Pantauan WartaBromo di lokasi, Jl. Raya Bendungan, tepat di sisi utara SPBU Pertamina Kraton, proyek bernilai belasan miliar itu kini dimulai dengan penyiapan lahan. Tampak sejumlah truk pengangkut tanah dan alat berat melakukan pengurukan dan pemadatan.

Kabid Cipta Karya Dinas SDA, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hario Hartoko mengatakan, gedung megah itu dibangun lantaran gedung lama dinilai kurang representatif.

“Proses pengerjaan setidaknya 7 bulan,” papar Hario saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu.

Ia bilang, relokasi gedung BPBD tersebut dilakukan karena gedung lama yang berada di kompleks perkantoran Raci dinilai kurang strategis serta tidak muat peralatan kebencanaan alias crowded.

Kabarnya, relokasi gedung BPBD ke lahan milik Pemkab Pasuruan di Kraton itu akan dibangun dua lantai dengan anggaran sekitar Rp 19 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAU) APBD 2023. (lio/asd)