Awas! Ada 5 Pantangan di Malam Satu Suro, Bolo Masih Percaya?

1125

Pasuruan (WartaBromo.com) – Malam satu suro adalah malam pertama dalam kalender Jawa. Masyarakat Jawa percaya bahwa malam satu suro adalah malam yang keramat dan penuh dengan mistis.

Tak heran jika di beberapa daerah ada pantangan-pantangan di malam satu suro yang dipercaya secara turun temurun. Bahkan, jika pantangan-pantangan tersebut dilanggar bisa menyebabkan mala pekata bagi keluarga.

Lantas, apa saja pantangan-pantangan tersebut? Berikut dilansir dari berbagai sumber!

1. Tidak Boleh Memotong Kuku

Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, memotong kuku pada malam satu suro akan mengundang kesialan. Hal ini karena kuku dianggap sebagai perisai yang melindungi diri dari gangguan makhluk halus.

2. Tidak Boleh Mandi di Sungai

Mandi di sungai pada malam satu suro juga dianggap sebagai pantangan. Hal ini karena pada malam satu suro, sungai diyakini menjadi tempat berkumpulnya makhluk halus.

Baca Juga :   Ciri-ciri Tubuh yang Dipenuhi Aura Negatif, Cek Sekarang!

3. Tidak Boleh Bepergian Jauh

Bepergian jauh pada malam satu suro juga dianggap sebagai pantangan. Hal ini karena pada malam satu suro, jalan-jalan diyakini menjadi tempat bersemayamnya makhluk halus.

4. Tidak Boleh Tidur Siang

Tidur siang pada malam satu suro juga dianggap sebagai pantangan. Hal ini karena pada malam satu suro, roh-roh orang yang telah meninggal akan berkeliaran.

5. Tidak Boleh Berkata Kasar

Berkata kasar pada malam satu suro juga dianggap sebagai pantangan. Hal ini karena pada malam satu suro, kata-kata yang diucapkan akan menjadi kenyataan.

Itulah pantangan-pantangan di malam satu suro menurut masyarakat Jawa. Bagaimana, apakah Bolo masih percaya? (trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.