Meraup Berkah dengan Baca Doa Awal dan Akhir Tahun Jelang Malam Satu Suro

138

Pasuruan (WartaBromo.com) – Malam satu suro adalah malam yang dianggap sakral oleh sebagian masyarakat Indonesia. Pada malam ini, mereka melakukan berbagai ritual untuk memohon keselamatan dan keberkahan, salah satu ritual yang sering dilakukan adalah berdoa.

Doa adalah bentuk komunikasi antara manusia dengan Tuhan. Melalui doa, kita dapat menyampaikan segala permohonan dan harapan kita kepada Allah SWT. Doa juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan atas segala dosa yang telah kita lakukan.

Doa yang dibaca pada malam satu suro biasanya berupa permohonan keselamatan, kesehatan, rezeki, dan kebahagiaan. Selain itu, banyak juga yang berdoa untuk memohon perlindungan dari marabahaya, baik yang bersifat fisik maupun non-fisik.

Baca Juga :   Awas! Ada 5 Pantangan di Malam Satu Suro, Bolo Masih Percaya?

Nah, ada dua doa yang bisa dibaca pada momen ini, yakni doa akhir dan awal tahun. Berikut dilansir dari nu.or.id:

Doa Akhir Tahun (Dibaca Setelah Salat Ashar)

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya: “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Baca Juga :   MK Tolak Gugatan Berkah, Pakde Karwo dan Gus Ipul Salami Khofifah

Doa Awal Tahun (Dibaca Waktu Maghrib)

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.” (trj)