Butuh Waktu 12 Jam Untuk Padamkan Api di Gudang Mebel Bukir

159

Gadingrejo (WartaBromo.com) – Dua gudang mebel yang berada di Dusun Begoro, Kelurahan Bukir, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan terbakar pada Rabu (19/7/2023) malam. Dalam peristiwa itu, tim PMK membutuhkan waktu 12 jam lebih untuk menjinakkan api.

Samsul Hadi, Kalaksa BPBD Kota Pasuruan mengatakan, untuk kronologi kebakaran gudang tersebut yakni bermula saat munculnya api di gudang mebel milik Ansori. Titik awal api muncul di sebelah timur bagian belakang gudang sekitar pukul 20.30 wib.

“Untuk info yang didapat api muncul dari belakang gudang,” kata Samsul.

Api kemudian merembet ke seleruh bagian gudang yang berukuran kurang lebih 2,5 hektar tersebut. Bukan hanya itu, api juga merembet ke sebelah gudang milik Sakur.

Baca Juga :   Kobaran Api di Welirang Terlihat hingga Tol Surabaya-Malang

“Merembet ke sebelah gudang lainnya, dua mesin pembelah juga hangus terbakar,” terangnya.

Untuk penyebab pasti kebakaran tersebut pihaknya masih belum bisa menjelaskan. Data sementara yang diterima yakni dugaannya adalah konsleting listrik di dalam gudang milik Ansori.

“Dugaan sementara konsleting listrik,” jelasnya.

Menurutnya, proses pemadaman kali ini membutuhkan waktu cukup panjang. Selain kondisi angin cukup kencang, bahan kayu yang berada di gudang tersebut menyulitkan anggota untuk melakukan pemadaman.

“Api berhasil dipadamkan setelah 12 jam lebih. Itu termasuk pemadaman dan pembasahan, karena kan bahan terbakar kayu, jadi api terus muncul,” ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Namun, untuk kerugian ditafsir mencapai ratusan juta rupiah. (don/yog)