Ratusan Tanaman Tembakau Ditebang Orang Tak Dikenal

212
Tanaman tembakau milik Suharto yang dirusak orang tak dikenal.

Kraksaan (WartaBromo.com) – Ratusan tanaman tembakau milik Suharto rusak akibat ditebang oleh orang tak dikenal. Peristiwa ini terjadi pada dini hari, Minggu (23/7/2023) di area persawahan Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan.

Warga Desa Tamansari, Kecamatan Kraksaan itu baru mengetahui kejadian tersebut ketika hendak menyiram tanamannya pada pagi hari. Ia pun kaget setelah mendapati tanaman tembakaunya berserakan.

Jumlah tanaman tembakau yang rusak mencapai sekitar 500 pohon. Tanaman tersebut sudah berusia lebih dari sebulan. Pria 51 tahun itu memperkirakan kerugiannya mencapai Rp 2,5 juta.

“Saya sangat terkejut ketika tiba di sawah dan menemukan tanaman tembakau saya sudah ditebang,” ujar Suharto dengan rasa kesal.

“Saya merawat tanaman ini dengan baik, menyiraminya dan membersihkan area sekitarnya. Saya bahkan membeli pupuk dengan harga mahal untuk memastikan pertumbuhannya,” lanjut warga Dusun Krajan itu.

Suharto mengaku tidak mengetahui motif di balik perbuatan pelaku karena dirinya tidak memiliki musuh atau perselisihan dengan siapapun. Hingga saat ini, identitas dan tujuan dari pelaku tetap belum diketahui.

Sekretaris Desa Tamansari, Abdul Hadi, memperkirakan bahwa peristiwa penebangan ini terjadi pada dini hari Minggu (23/7/2023). Itu karena sehari sebelumnya tanaman milik Suharto masih dalam kondisi baik.

“Dari lokasinya, tanaman tembakau milik warga kami terletak di barat pemandian taman dan di selatan gapura desa,” jelas Abdul Hadi.

Pihak berwenang saat ini sedang menyelidiki kasus ini. Korban berharap pelaku segera dapat diidentifikasi dan ditangkap. (aly/saw/asd)