Sueger! Ini 3 Es Legendaris Khas Lumajang, Langgananmu Bukan?

342

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bicara soal kuliner tentu Lumajang seolah tak ada habisnya. Apalagi kalau soal es campur dan es lain-lain, ada 3 es legendaris di Lumajang yang kekhasan rasanya masih terjaga.

Es campur memang menjadi kudapan yang selalu dicari dan populer di berbagai cuaca, terutama saat cuaca terik. Oleh sebab itu, es campur menjadi pilihan yang menyegarkan untuk mengatasi kehausan dan menikmati sensasi dinginnya es dengan berbagai macam rasa dan tekstur.

Nah, ss campur di Lumajang itu ada yang sudah berdiri sejak 67 tahun. Tentunyan kalau soal rasa dijamin mantab dan seger, bikin mulut ketagihan.

Pasti Bolo Penasarankan? Berikut rekomendasi es campur legendaris khas Lumajang, dilansir dari berbagai sumber:

1. Es Campur Jelita

Es campur memang menjadi salah satu kuliner legendaris di Kabupaten Lumajang. Kedai bernama Es Campur Jelita ini memiliki sejarah panjang, sudah ada sejak tahun 1956.

Baca Juga :   17 ASN “Diangkut” KPK hingga Razia WPS Tretes-Ngopak | Koran Online 4 Sep

Bayangkan, telah beroperasi selama bertahun-tahun, membuatnya menjadi bagian dari warisan kuliner daerah tersebut.

Es campur ini memiliki beragam isian yang membuatnya begitu menarik dan lezat. Di dalam mangkok besar, Bolo akan menemukan irisan kolang kaling, cincau, pepaya, dan melon yang memberikan variasi rasa dan tekstur yang nikmat.

Kemudian, semua isian tersebut ditambahkan parutan es yang melimpah hingga menggunung tinggi di atas mangkok.

Nah selanjutnya, es campur ini menjadi semakin istimewa dengan disiramkan sirup autentik berdasarkan resep rahasia keluarga.

Lokasi es Campur Jelita ini berada di simpang tiga Jalan Wahid Hasyim, Kelurahan Tompokersan, Kecamatan/Kabupaten Lumajang. Untuk harga es campurnya berkisar mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000.

2. Es Buto Ijo

Es legendaris khas Lumajang selanjutnya adalah es buto ijo. Kalau dilihat dari namanya memang sangatlah seram. Tapi minuman unik khas Lumajangg sebenarnya merupakan campuran yang segar dan nikmat.

Baca Juga :   Mantan Wabup Pasuruan Jadi Tersangka Korupsi hingga Pabrik “MS Glow” Ilegal Beroperasi di Pasuruan | Koran Online 19 Ags

Minuman ini terbuat dari kelapa muda yang memberikan sensasi segar dan nikmat, nata de coco dengan rasa unik dan kenyal, kolang kaling yang memberikan variasi tekstur, serta sagu mutiara yang memberikan sentuhan kenyal yang lembut.

Kemudian dengan ditambahkan sirup melon yang memberikan rasa manis dan segar, serta susu kental manis yang memberikan sentuhan creamy dan lembut pada minuman ini.

Es buto Ijo ini dapat ditemui dipinggir jalan derah Lumajang. Untuk harganya sekitar Rp15.000

3. Es Anaconda

Terakhir adalah Es Anaconda, merupakan salah satu minuman legendaris yang tidak asing bagi penduduk Lumajang dan sekitarnya. Minuman ini telah ada sejak tahun 2000-an, menjadikannya sebagai salah satu ikon kuliner daerah tersebut.

Baca Juga :   Oleng, Xenia Dihantam Truk di Purwodadi hingga Dewan Usulkan Lulusan Ponpes Bisa Ikut Nyalon Kades | Koran Online 15 April

Meskipun namanya menakutkan, kenyataannya Es Anaconda hampir mirip dengan es teller. Namun, perbedaannya terletak pada tingkat kemanisan dan variasi bahan-bahannya.

Minuman ini berisi es yang menyegarkan, sirup untuk memberikan cita rasa manis, serta buah alpukat yang memberikan kekayaan rasa dan tekstur yang lembut.

Selain itu, isi kelapa muda, kolang kaling, nata de coco, selasih, dan rumput laut juga menambahkan beragam tekstur dan kenikmatan dalam setiap tegukan.

Es Campur Anaconda yang berlokasi di Jl. Kh. Wachid Hasyim, Citrodiwangsan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Untuk harga es legendaris khas Lumajang ini sangatlah terjangkau sekitar Rp12.000 hingga Rp20.000, langsung bisa menikmati kombinasi segar dan lezat dari Es Campur Anaconda. (tra/trj)