Kukuhkan Paskibraka, Bupati Pasuruan : Kibarkan Sang Merah Putih dengan Sempurna

150

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengukuhkan anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Kabupaten Pasuruan tahun 2023, Selasa (15/08/2023) malam.
Pengukuhan tersebut digelar di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, dan dihadiri Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Arh Noor Iskak dan anggota Forpimda Kabupaten Pasuruan, para Kepala OPD hingga camat se-Kabupaten Pasuruan.

Total sebanyak 76 anggota Paskibraka yang dikukuhkan untuk selanjutnya bertugas dalam Pengibaran maupun Penurunan Bendera Merah Putih, 17 Agustus besok.

Dari pantauan di lapangan, pengukuhan anggota Paskibraka dilaksanakan melalui upacara pengukuhan yang berlangsung khidmat.

Pengukuhan sendiri ditandai denga pernyataan pengukuhan oleh Pembina Upacara, dalam hal ini Bupati Pasuruan.

Selanjutnya dilakukan pemasangan kendit dari Pembina Upacara kepada dua anggota Paskibraka laki-laki dan perempuan, serta penyerahan Sang Saka Merah Putih dari Pembina Upacara kepada Komandan Upacara, yakni Ipda Achmad Kunaefi yang kesehariannya menjabat Kanit Gakkum Satlantas Polres Pasuruan.

Baca Juga :   Tingkatkan Nasionalisme, SMAN 1 Purwosari Gelar Lomba Paskibra

Selesai pengukuhan, Gus Irsyad – sapaan akrab Bupati Pasuruan ini memberikan ucapan selamat ke semua Paskibraka terpilih plus orang tua atau keluarga yang juga ikut menyaksikan pengukuhan tersebut.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh anggota Paskibraka yang terpilih dan dikukuhkan malam ini. Juga kepada keluarga, saya ucapkan selamat karena pasti sangat bangga dan bahagia karena putra-putrinya terpilih,” kata Gus Irsyad, sesama setelah pengukuhan selesai dilakukan.

Menjadi Paskibraka, menurut Bupati merupakan sebuah kehormatan. Lantaran dipercaya menjadi pasukan yang akan mengibarkan Sang Saka Merah Putih tepat di HUT Kemerdekaan RI, yakni 17 Agustus.

Tak hanya itu saja, menjadi Paskibraka juga membanggakan, karena mereka telah mengalahkan para pelajar dari berbagai sekolah menengah atas sederajat yang jumlahnya mencapai hampir 1000 peserta.

Baca Juga :   Tingkatkan Nasionalisme, SMAN 1 Purwosari Gelar Lomba Paskibra

“Jelas Bangga. Karena mereka yang terpilih setelah menyisihkan ratusan pelajar lain se-kabupaten Pasuruan. Saya pun ikut bangga dengan Paskibraka yang terpilih ini,” terangnya.

Terakhir, Gus Irsyad menitipkan satu amanah kepada seluruh paskibraka. Yakni dapat mengibarkan Merah Putih dengan sempurna.

“Saya titip satu saja. Kibarkan Sang Merah Putih di tiang tertinggi di Alun-Alun Bangil 17 Agustus besok. Kibarkan dengan sempurna,” harapnya. (mil/yog)