27 Tim Bertarung Lomba Dayung di Panggungrejo, Juara Pertama Rp 5 Juta

210

Panggungrejo (WartaBromo.com) – Tradisi lomba dayung di momen HUT RI ke 78 ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga di Kota Pasuruan. Kali ini, puluhan nelayan memilih libur dan menyaksikan perlombaan dayung tersebut.

Pantauan di lokasi, ratusan warga dari Kota maupun Kabupaten Pasuruan datang untuk menyaksikan perlombaan tersebut. Diketahui, lomba dayung itu dimulai sejak pukul 10.00 WIB.

Panas terik matahari tak menjadi alasan untuk warga maupun peserta untuk bisa melihat dan mengikuti lomba dayung dalam rangka memperingati HUT RI ke 78 ini. Bahkan, ada pula penonton yang rela berada di tengah laut untuk melihat lomba tersebut.

Diketahui, lintasan lomba dayung tersebut berjarak 300 meter. Dalam satu perahu ada 5 anggota. Total peserta dalam lomba tersebut ada 27 tim yang dibagi menjadi 9 sesi pertandingan.

Baca Juga :   Progres Proyek Bernilai Jumbo di Kota Pasuruan Dapat Sorotan Dewan

Mubarok (30), salah satu peserta lomba dayung itu mengatakan, lomba dayung ini menjadi tradisi para nelayan untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Menurutnya, para anggota dalam tim dayung yang rata-rata nelayan ini memilih libur hanya untuk mengikuti tradisi tersebut.

“Seru sekali, mulai jaman nenek moyang hingga sekarang. Tadi menang, semoga tim ini bisa menang di sesi selanjutnya,” katanya, Sabtu (19/8/2023).

Adi Wibowo, Wakil Walikota Pasuruan yang hadir dan menyaksikan lomba tersebut mengatakan, acara ini bisa menjadi pilihan wisata yang ada di Kota Pasuruan. Pasalnya, semangat dan tradisi ini tetap dilestarikan oleh para nelayan yang ada di pesisir pasuruan.

“Bisa kita pasarkan menjadi event wisata kita. Jadi ke depan bisa mengundang wisata dari luar Kota Pasuruan untuk melihat lomba ini,” terangnya.

Baca Juga :   Waduh!! Menteri Susi Tantang Bos Facebook Lomba Dayung Berhadiah Saham

Sekedar diketahui, lomba dayung tersebut memperebutkan hadiah menarik dari panitia. Juara pertama memperoleh Rp 5 juta, juara kedua mendapat Rp4 Juta dan juara ketiga bisa mendapatkan Rp 3 juta, masing-masing juga mendapatkan tropi. (don/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.