Kampung Zakat, Ajak Masyarakat Bantu Sesama Lewat Lembaga Sah

78

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), me-launching kampung zakat di Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Ia mengajak masyarakat membantu sesama lewat lembaga yang sah.

Acara digelar di Masjid An-Nur, Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo, pada Kamis (24/08/2023) kemarin.

Gus Ipul sebelumnya pernah mengimbau agar warga Kota Pasuruan tidak memberi uang kepada pengemis. Boleh saja masyarakat bersedekah, tetapi tidak berlaku untuk memberi uang kepada pengemis.

Gus Ipul memberikan apresiasi kepada LazisNU, LazisMU, Baznas, Kemenag, Yatim Mandiri, dan perangkat daerah terkait yang telah bergotong-royong mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan membayar zakat kepada lembaga-lembaga yang sah seperti LazisNU, LazisMU, atau Baznas, santunan akan tepat sasaran yang layak menerima.

“Membayar zakat melalui lembaga yang sah dapat membantu pemerintah dalam mengentas kemiskinan,” kata Gus Ipul.

Tak hanya itu, Sekjen PBNU itu mempunyai gambaran bagaimana jika antar lembaga bisa berkolaborasi lebih jauh. Misalnya, memberdayakan UMKM, mendampingi, hingga pemasaran.

“Jika itu bisa dilakukan, kita dapat mewujudkan masyarakat sejahtera. Saya menyambut baik kampung zakat ini. Zakat itu amanah, jadi kita harus mendistribusikannya dengan baik,” ujar Gus Ipul.

Dalam launching kampung zakat kemarin, Gus Ipul juga menyerahkan secara simbolis penyaluran bantuan untuk puluhan anak yatim, dhuafa, dan marbot masjid. (tof/*)