Inilah 5 Tokoh Wayang Hewan yang Familiar, Mana yang Bolo Tahu?

1255

Pasuruan (WartaBromo.com) – Salah satu kesenian di Jawa adalah wayang. Kesenian ini menghadirkan banyak tokoh, tak hanya manusia tetapi juga hewan.

Ada berbagai jenis tokoh wayang hewan dengan masing-masing karakter yang diceritakan detail saat pentas wayang. Kisahnya pun beragam dan sangat menarik.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah tokoh wayang hewan yang bisa Bolo ketahui:

1. Kebo Andanu (Kerbau Andanu)

Kebo Andanu ialah sekelompok 40 ekor kerbau yang dimiliki oleh Batari Durga, sebuah karakter perempuan dalam dunia wayang. Namun, penggembalaan Kebo Andanu dilakukan oleh Dadungawuk, seorang tokoh wayang berwujud raksasa.

Dalam hutan Krendawahana, Dadungawuk dengan setia menjaga Kebo Andanu. Karakteristik Kebo Andanu adalah berwarna hitam dengan kaki yang berwarna putih.

Baca Juga :   Pertama Kali Sejak Pandemi, Warga Kota Pasuruan Nonton Wayang Virtual Bareng Lawak Percil

2. Jatayu

Jatayu juga dikenal sebagai tokoh wayang hewan burung Garuda, merupakan sebuah karakter hewan yang memiliki popularitas dalam narasi wayang. Burung Garuda ini memiliki kemampuan untuk berbicara layaknya manusia, dan kehadirannya mencuat dalam epik Ramayana.

Legenda menceritakan bahwa Jatayu memiliki kemampuan menyerang musuh dengan paruhnya serta memegang peranan penting dalam cerita tentang Rama dan Sinta.

3. Antaboga

Karakter hewan dalam dunia wayang berikutnya adalah Antaboga, sebuah ular raksasa yang memiliki peran penting dalam cerita.

Menurut legenda wayang, Antaboga berdiam di kedalaman bumi dan bertindak sebagai pengasuh bagi Wisanggeni, anak Arjuna dengan Batari Dresanala.

Ia digambarkan sebagai ular bersisik besar yang memakai mahkota serta sayap.

Baca Juga :   Ketika Jurnalis Geluti Seni Lukis Tingkepan

4. Naga Basuki

Naga Basuki adalah karakter hewan dalam dunia wayang yang berwujud ular raksasa. Dalam cerita, Naga Basuki memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan alam.

Selain itu, Naga Basuki digambarkan dengan sebuah permata besar yang disebut Nagamani terletak di kepalanya. Ia merupakan harta berharga milik Dewa Siwa dan dipasang di lehernya sebagai kalung.

5. Wilmuka (Garuda)

Wilmuka merupakan burung garuda raksasa yang memiliki kemampuan berbicara seperti manusia dalam cerita wayang.

Menurut cerita dalam tokoh wayang hewan, Wilmuka lahir dari sebuah telur dan diberi tugas untuk mengambil Air Amerta di Pulau Sangkha Dwipa. (trj)