Ada 3 Kecamatan Terkecil di Pasuruan, Kira-kira Berapa Ya Ukurannya?

809

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagian besar orang mungkin masih belun tahu bila ada kecamatan terkecil di Pasuruan. Kecamatan-kecamatan ini bahkan memiliki luas yang di luar dugaan.

Dilansir dari bpspasuruankab.go.id, Kabupaten Pasuruan ini memiliki luas wilayah yang hingga mencapai 1.474,02 km² yang terdiri dari 24 kecamatan, 24 kelurahan, dan 341 desa (dari total 666 kecamatan, 777 kelurahan, dan 7.724 desa di Jawa Timur).

Lantas, mana saja kecamatan terkecil di Pasuruan? Berikut diantaranya:

1. Kecamatan Pohjentrek

Memegang predikat pertama, Kecamatan Pohjentrek telah meraih posisi unggul sebagai kecamatan terkecil di Kabupaten Pasuruan.

Berdasarkan informasi yang diterbitkan oleh BPS pada tahun 2023, fakta menunjukkan Kecamatan Pohjentrek di Pasuruan memiliki luas wilayah yang terbatas, hanya sekitar 11,88 km².

Baca Juga :   Sudah 2 Hari, Banjir di Beji Belum Surut

Meskipun demikian, kecamatan ini ternyata menjadi tempat tinggal bagi sekitar 30.978 penduduk.

2. Kecamatan Gondangwetan

Berada pada peringkat kedua, Kecamatan Gondang Wetan termasuk dalam kategori kecamatan dengan luas terkecil di Pasuruan.

Ternyata, luas wilayah kecamatan ini hanya mencapai sekitar 26,25 km², sedikit lebih kecil dari Kecamatan Rejoso.

3. Kecamatan Rejoso

Kecamatan terkecil di Pasuruan yang terakhir adalah Kecamatan Rejoso. Luas wlayah kecamatan ini adalah 37,00 km². Tak cuma menjadi kecamatan terkecil, wilayah Rejoso pun terkenal sebagai wilayah rawan banjir. (trj)