Ada 4 Etnis yang Mendominasi di Pasuruan, Apa Saja?

385

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ada empat etnis yang mendominasi di Pasuruan. Etnis-etnis ini bahkan masih jarang diketahui warga Pasuruan sendiri.

Dilansir dari pasuruankota.go.id, mayoritas penduduk di Pasuruan memeluk agama Islam. Meskipun terdiri dari multi etnis, namun hubungan masing-masing orang berjalan harmonis.

Berikut adalah empat etnis di Pasuruan yang mendominasi:

1. Jawa

Etnis Jawa merupakan suku bangsa Austronesia terbesar di Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur termasuk di Pasuruan. Pada tahun 2010, setidaknya 40,22% penduduk Indonesia merupakan etnis Jawa.

Di Pasuruan, etnis yang mendominasi di Pasuruan adalah jawa lebih banyak tersebar di tengah Kota Pasuruan. Bahkan, etnis ini juga lebih mendominasi wilayah Pasuruan.

Baca Juga :   Daftar Nama Wali Kota Pasuruan dari Masa Ke Masa

2. Madura

Suku Madura merupakan salah satu etnis dengan populasi besar di Indonesia, jumlahnya sekitar 7.179.356 juta jiwa. Mereka berasal dari Pulau Madura dan pulau-pulau sekitarnya.

Suku Madura adalah suku perantau yang banyak tersebar di beberapa wilayah-wilayah Indonesia. Etnis Madura lebih banyak mendiami wilayah utara Pasuruan.

3. Tionghoa

Pada zaman Kerajaan Airlangga, Pasuruan dikenal dengan sebutan Paravan. Kala itu banyak saudagar kaya tinggal di Pasuruan dari berbagai etnis temasuk masyarakat Tionghoa.

Tak heran jika ada satu tempat bersejarah yang menjadi bukti penyebaran etnis Tionghoa di Pasuruan, yakni Kelenteng Tjoe Tik Kiong.

Letaknya dekat dengan pelabuhan dibangun pada abad 17 M, memiliki kimsin yang didatangkan langsung dari Tiongkok. Salah satu pengelana dari Perancis pernah datang ke Pasuruan.

Baca Juga :   Kebun Penghasil Cengkeh Terbanyak di Pasuruan, Tutur Nyaris 250 Ton!

4. Arab

Salah sati etnis yang mendominasi di Pasuruan ini pada mulanya mereka umumnya tinggal di perkampungan Arab yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Pada 100 tahun penjajahan Belanda, mereka dianggap sebagai bangsa Timur Asing bersama dengan suku Tionghoa-Indonesia dan suku India-Indonesia. (jun)