Ini Lho 3 Makanan Kering Khas Pasuruan yang Rasanya Dijamin Enak Pol!

421

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pasuruan memiliki berbagai macam makanan khas yang lezat dan menggugah selera. Salah satu di antaranya adalah makanan kering khas Pasuruan yang biasanya dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

Makanan kering khas Pasuruan ini biasanya terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, seperti tepung, gula, dan rempah-rempah. Namun, berkat pengolahan yang tepat, makanan kering ini memiliki rasa yang gurih dan manis yang pas.

Tentunya Bolo penasaran kan? Nah, berikut ini makanan kering khas Pasuruan yang wajib dicoba, dijamin rasanya mantab dan gurih, dilansir dari berbagai sumber:

1. Bipang Jangkar

Bipang Jangkar adalah makanan kering yang telah ada sejak turun temurun, bahkan konon sudah diproduksi sejak tahun 1949. Apalagi, resep dan rasanya telah terjaga dengan baik hingga saat ini, menjadikan makanan legendaris yang wajib Bolo coba.

Baca Juga :   Ada 4 Warung Soto Terenak di Probolinggo, Mulai Rp10.000-an!

Tentunya, Bipang tersebut mudah ditemukan di pasar dan berbagai toko oleh-oleh Pasuruan. Nah, perlu diketahui juga, makanan ini dibuat dari bahan baku utama berupa beras yang dipanaskan pada suhu tinggi hingga mengembang.

Setelah proses pemanasan selesai, beras ditambahkan dengan gula cair dan diaduk hingga merata. Biasanya, bipang dicetak dalam bentuk kotak, meskipun sekarang variasinya lebih beragam dengan bentuk bulat, panjang, dan bentuk asli kotak.

2. Ikan Lempuk Krispi

Lempuk adalah jenis ikan yang hanya dapat ditemukan di Ranu Grati dan Jepang. Namun, banyak yang mengatakan bahwa lempuk di Jepang memiliki warna yang lebih gelap dan rasanya tidak pilih-pilih yang ada di Grati.

Baca Juga :   Panas-panas Menikmati Es Krim Goreng, Krenyes...

Meskipun ukurannya kecil, sekitar 3-4 sentimeter, lempuk memiliki kadar protein yang tinggi, menjadikannya baik untuk pertumbuhan anak-anak.

Karena keunikan dan kualitasnya, banyak produk olahan ikan lempuk yang berhasil di pasaran, seperti lempuk kering, lempuk krispi, pepes lempuk, lempuk krupuk, dan bahkan lempuk nugget.

3. Roti Matahari

Roti Matahari adalah salah satu oleh-oleh khas Pasuruan yang wajib dicoba. Selain memiliki tekstur gurih, bentuknya yang unik seperti sisir membuatnya lebih menarik.

Pasalnya, Roti Matahari memiliki cita rasa manis seperti roti pada umumnya, tetapi juga memiliki sentuhan lezat yang khas seperti roti Italia. Apalagi, karena dalam proses pembuatannya, roti ini mengandung mentega yang dicampur dengan telur, tepung terigu, dan gula pasir.

Baca Juga :   Yummy! Ini 3 Olahan Bandeng Jelak Khas Pasuruan yang Lezat Sekali

4. Keciput Mini

Keciput mini, camilan khas Pasuruan, terbuat dari campuran tepung, telur, dan gula. Selain itu, yang membuatnya keciput mini ini khas adalah lapisan biji wijen yang melingkupi keciput, memberikan rasa manis, krispy, dan sentuhan sedikit asin.

Adonan keciput mini yang terbuat dari bahan-bahan ini kemudian dibentuk memanjang dan digoreng. Camilan ini adalah pilihan yang lezat dan renyah untuk dinikmati ketika mengunjungi Pasuruan.