Hati-hati! Ini 4 Bahaya Minum Kopi Secara Berlebihan

80

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi pecinta kopi sebaiknya jangan terlalu over dalam mengkonsumsinya. Sebab menurut medis ada beberapa bahaya mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

Meski punya sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, namun kopi juga bisa membahayakan kesehatan. Efek samping mengkonsumsi kopi secara berlebihan ini pun jarang disadari banyak orang.

Nah, berikut ini Bolo dilansir dari alodokter.com, bahaya mengkonsumsi kopi secara berlebihan, yuk simak!

1. Meningkatkan Tekanan Darah

Kafein dalam kopi dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Penggunaan kopi yang berlebihan atau sehari-hari dapat meningkatkan risiko hipertensi dan bahkan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Sementara itu, konsumsi berlebihan kopi juga dapat mempercepat denyut jantung, yang dapat menimbulkan sensasi berdebar di dada.

Baca Juga :   Punya Kebun 4.365 Hektar, Petani Kopi Pasuruan Diberi Alat Modern

2. Meningkatkan Frekuensi Buang Air Kecil

Kopi termasuk salah satu minuman yang memiliki sifat diuretik alami. Sifat inilah yang membuat pecandu kopi mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil.

Efek samping ini bisa terjadi bila Bolo tak mengimbangi dengan cukup konsumsi air putih.

3. Menimbulkan Rasa Cemas

Kafein yang terkandung di dalam kopi memang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kewaspadaan, fokus, dan melawan rasa kantuk.

Akan tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, terutama dalam jangka waktu yang panjang, kopi justru dapat menyebabkan timbulnya perasaan cemas dan kegelisahan.

4. Gangguan Pencernaan

Konsumsi kopi setiap hari juga dapat mengakibatkan masalah pencernaan yang beragam, termasuk rasa sakit perut, mual, muntah, dan nyeri di bagian atas perut.

Baca Juga :   Di Balik Romantisnya Ternyata Inilah Bahaya Sleep Call Bagi Kesehatan

Sebab, mengkonsumsi kopi yang berlebihan atau rutin dapat menyebabkan masalah seperti diare, gangguan lambung, atau penyakit refluks asam lambung (GERD). (tra/jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.