Berkunjung ke Goa Jalmo Purwosari, Ada Kolam Renang di Tengah Sawah

306

Purwosari (WartaBromo.com) – Goa Jalmo adalah sebuah tempat wisata alam yang terletak di Dusun Jati kauman, Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Nah, kali ini tim liputan wartabromo mencoba mengunjungi dan berwisata di tempat tersebut.

Jaraknya kurang lebih 30 kilometer dari pusat Kota Pasuruan, Jawa Timur. Perjalanan menuju ke tempat itu juga disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat rindang dan hijau.

Sampailah di tempat tujuan. Tarif tiket jika ingin masuk ke tempat wisata itu tidaklah mahal. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp5000 dan biaya parkir Rp5000, jadi cukup dengan Rp10.000 kita bisa berwisata alam sepuasnya di Goa Jalmo.

Ada beberapa spot-spot yang bisa dikunjungi, mulai dari Cafe, Camping Ground, air terjun mini hingga kolam renang yang terletak di tengah persawahan.

Baca Juga :   2019, Pendapatan Retribusi Wisata Pasuruan Ditarget Capai Rp800 juta

Kolam renang itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berada di tempat tersebut. Pasalnya, dua kolam renang dewasa dan anak-anak itu dikelilingi hamparan sawah yang hijau dan enak dipandang mata.

Nurul (33), salah satu wisatawan asal Sidoarjo rela datang ke wisata Goa Jalmo ini karena penasaran. Ia mengetahui tempat tersebut dari saudara yang juga sudah pernah ke Goa Jalmo.

“Dari saudara, penasaran awalnya. Nah kali ini akhirnya saya bisa datang bersama suami dan anak saya,” kata Nurul, Sabtu (7/10/2023).

Menurutnya, wisata yang berada di tengah sawah tersebut menjadi lebih indah karena ada kolam renang yang sangat segar. “Airnya segar sekali, anak saya sangat senang sekali. Tapi sayang juga kaya kurang terawat ini, padahal bagus sekali tempatnya,” tandasnya.

Baca Juga :   2019, Pendapatan Retribusi Wisata Pasuruan Ditarget Capai Rp800 juta

Hal serupa juga diungkapkan oleh Wina (20) wisatawan asal Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan itu juga merasa senang dengan wisata yang menyuguhkan keindahan alam tersebut.

Menurutnya, tempat seindah ini bisa menjadi tempat wisata keluarga yang sangat keren.

“Iya baru pertama kali kesini, ini sama teman-teman banyak sekali. Saya juga gak nyangka ada tempat wisata sebagus ini, enak sekali bisa menyatu dengan alam,” kata Wina.

Sementara itu, Suliswanto (32), Ketua Pokdarwis tersebut mengatakan, wisata ini sudah dibuka sejak tahun 2018 yang lalu. Dengan awal konsep wisata yakni mengenalkan sebuah gua yang berada di dekat kolam renang tersebut.

“Awalnya itu dari goa jalmo, terus kemudian mulai membangun kolam renang pada tahun 2020,” katanya.

Baca Juga :   2019, Pendapatan Retribusi Wisata Pasuruan Ditarget Capai Rp800 juta

Diketahui, wisata alam ini sering ramai dan dikunjungi para wisatawan di hari Sabtu dan Minggu.

“Dulu pernah ramai sekali, sehari bisa ribuan orang,” tuturnya.

Warga dan seluruh anggota Pokdarwis juga berharap agar wisata Goa Jalmo ini menjadi wisata edukasi yang juga bisa ramah anak.

“Harapannya kedepan bisa menjadi wisata edukasi, bisa dibuat paket wisata,” jelasnya. (don/yog)