Rumah di Pronojiwo Tiba-tiba Ambruk, Satu Penghuni Tewas Tertimpa Reruntuhan

225
Rumah di Pronojiwo Tiba-tiba Ambruk, Satu Penghuni Tewas Tertimpa Reruntuhan

Lumajang (wartabromo.com) – Sebuah rumah di Kabupaten Lumajang, tiba-tiba ambruk. Akibatnya, satu orang penghuni tewas lantaran terkena reruntuhan bangunan.

Dramatis, begitulah rekaman video amatir warga saat mengevakuasi jasad Hendi Setiawan, warga Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Peristiwa tragis itu terjadi dini hari, sekitar menjelang subuh. Tak ada hujan tak ada angin tiba-tiba rumah lantai 2 yang biasa dijadikan bengkel itu ambruk.

Saat kejadian, korban saat itu tengah tidur di dalam kamar rumahnya. Akibat peristiwa nahas itu, korban seketika meninggal dunia terkena robohan bangunan rumah.

Proses evakuasi korban cukup dramatis karena harus menggunakan alat berat, mengingat posisi korban terjepit di reruntuhan bangunan.

Selain menimbulkan satu korban jiwa, kejadian ini juga menyebabkan kandang hewan di bawah bangunan ambruk, dengan tiga ekor sapi mengalami luka-luka.

“Diduga robohnya rumah ini disebabkan oleh bangunan rumah yang kurang kokoh, ditambah lagi adanya proyek pelebaran jalan sebelumnya yang diduga menggerus tiang penyangga rumah,” kata tetangga korban, Abidin, Senin (13/11/2023).

Kejadian tragis ini menggambarkan kondisi bangunan yang tidak kokoh dan peran proyek pelebaran jalan sebagai faktor tambahan penyebab ambruknya rumah tersebut.

Sementara itu, usai di evakuasi, jenazah korban langsung dilakukan pemulasaran untuk proses pemakaman di TPU setempat.

“Selain korban, reruntuhan bangunan rumah juga menimpa ternak miliknya. Kami harus berjuang keras, menyelamatkan sapi limosin itu,” ujar warga sekitar, Mujianto. (lai/may)