Diduga Konsleting Motor Saat Pindah Bensin, 3 Rumah Warga Curahsawo Terbakar

134
Diduga Konsleting Motor Saat Pindah Bensin, 3 Rumah Warga Curahsawo Terbakar

Gending (WartaBromo.com) – Sedikitnya tiga rumah di depan SPBU Curahsawo, Gending, Kabupaten Probolinggo, nyaris hangus terbakar. Pemicu api, diduga berasal dari konsleting listrik pada ‘motor buncit’ yang digunakan untuk kulak BBM.

Informasi awal, ada aktivitas memindahkan bensin dari tangki ‘motor buncit’ ke dalam jerigen. Di belakang rumah salah satu warga.

“Dari bensin itu, katanya sepedanya konslet, lalu menyambar bensin. Terus merambat, di atas sini kan ada terpal sama jaring,” kata Ketua RW setempat, Nadir, Selasa (21/11/2023).

Aktivitas pindah bensin itu, menurut Nadir, diketuai oleh Totok, warga Sumberkerang. Di daerah tersebut, anak buah Totok adalah seorang warga bernama Jumadi.

Api kemudian merambat ke rumah di sebelahnya. Menghanguskan kandang sapi dan dapur. Tiga rumah yang terbakar, milik Srila, Tacik dan Sutopo.

Banyaknya bahan mudah terbakar, seperti jaring nelayan, terpal, dinding bambu alias gedhek, membuat api cepat membesar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Saat kebakaran berlangsung, penghuni ketiga rumah bekerja sebagai buruh pipil bawang merah.

Kasi Investigasi Damkar Kabupaten Probolinggo, Mustopo menyebut, 2 unit damkar dikerahkan untuk padamkan api. “Penyebab awal masih kami selidiki, saat kami datang api sudah membesar dan habis ini,” ujarnya.

Sejauh ini, anggota Polsek Gending, sudah mendatangi lokasi dan mengamankan area yang terbakar dengan police line. Polisi masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran. (lai/saw)