Bagikan Gerobak Gratis, Wali Kota Pasuruan Minta PKL Alun-Alun Lebih Kreatif

79

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan mendapat gerobak gratis dari Pemkot Pasuruan. Gerobak tersebut diberikan agar komplek PKL di alun-alun terlihat lebih tertib.

Pemkot membagikan 124 gerobak untuk PKL di alun-alun secara bertahap yakni pada bulan Oktober dan bulan November. Ratusan gerobak tersebut didesain sesuai dengan kebutuhan jualan masing-masing pedagang.

Tekad, salah satu pedagang bakso di alun-alun mengungkapkan, dirinya menerima gerobak gratis tersebut sejak dua pekan lalu. Ia merasa senang karena setelah puluhan tahun berjualan di alun-alun, baru kali ini mendapat bantuan.

Tak hanya Tekad, pedagang lainnya, Lukman juga mengungkapkan rasa senangnya mendapat gerobak gratis dari Pemkot Pasuruan.

“Ya senang dan bersyukur dapat gerobak gratis. Karena gerobak nasi goreng saya sudah lama,” ujar Lukman, Kamis (07/12/2023).

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, pemkot juga berencana akan membuat seragam bagi para PKL di kawasan alun-alun. Ini tak lain agar PKL di sekitar alun-alun terlihat lebih rapi.

Ia mengimbau PKL agar tidak bergantung pada produk-produk instan dan meminta mereka agar lebih selektif dan kreatif dalam memilih bahan serta cara pengemasan.

Kemudian, Sekjen PBNU tersebut kembali menekankan agar PKL menjaga kebersihan serta tidak menggunakan trotoar sebagai tempat berjualan atau tempat parkir

“Saya ajak pedagang bersih-bersih sebab bersih adalah kunci. Setelah bersih, bantu untuk ciptakan ketertiban. Tidak boleh lagi ada yang parkir di trotoar, karena itu milik pejalan kaki,” kata Gus Ipul. (tof/asd)