BPBD Kabupaten Pasuruan Minta Warga Waspadai Pohon Tumbang

77

Pasuruan (WartaBromo.com) – BPBD Kabupaten Pasuruan menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tidak berteduh di bawah pohon. Mengingat sepanjang tahun ada puluhan tumbang di wilayahnya.

Setahun terakhir, ada 41 bencana pohon tumbang Terjadi di Pasuruan. Meski sejauh ini, tak dilaporkan adanya korban jiwa. Namun, patut menjadi perhatian bagi semuanya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi mengatakan, di awal musim penghujan tiba, hujan deras dan angin kencang berpotensi menyebabkan pohon tumbang. Terlebih, di sejumlah ruas jalan di Pasuruan banyak pohon besar.

“Kami menghimbau pada masyarakat ketika terjadi hujan angin saya berharap jangan berteduh di bawah pohon,” papar Sugeng saat dikonfirmasi, Jumat (8/12/2023).

Baca Juga :   Pohon Bertumbangan di Lumajang, Timpa Rumah hingga Mobil

Ia lantas mengambil contoh jalur Pasuruan – Malang. Pada kilometer 17 yang masuk Kecamatan Wonorejo banyak pohon besar nan rindang. Sewaktu hujan angin, berpotensi tumbang.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya meminta pada Dinas PU Binamarga Provinsi Jatim atau DLH Jatim untuk memotong pohon besar. Agar peristiwa pohon tumbang tidak terjadi kembali.

Seperti diwartakan sebelumnya, 2 pohon beringin tumbang pada Kamis (07/12/2023). Yakni di Desa Lebaksari, Kecamatan Wonorejo dan Jalan Raya Pasuruan-Malang, depan Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan. Arus lalu lintas pun macet. (lio/saw)